Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Vario New 110 ACG Starter Kadang Mau Kadang Tidak

 Vario New 110 ACG Starter Kadang Mau Kadang Tidak



Problem

ACG Starter Honda Vario New bermasalah. Dobel starter atau elektrik starter kadang mau kadang tidak. Lampu MIL 52 dan discanner juga muncul kode itu. Itu menunjukkan kerusakan sensor CKP atau sensor hall.

Solusi

Mekanik melakukan pengecekan sirkuit sekitar kabel yang dari magnet. Kecurigaan pada area kabel karena ada bekas lipatan. Kabel yang dicurigai langsung dicek konektivitas atau nyambung tidaknya dengan digoyang goyangkan sambil diukur pakai multi tester dan dicolok jarum pentul. Ternyata setelah dicek dengan multi putus nyambung. Setelah periksa kabel, ternyata kabel tidak ada masalah, bisa jadi pas masang jarum pentol kurang kencang sehingga putus nyambung(alias salah pengukuran, maklum human errof juga).

Chat komunikasi mekanik dengan saya (semi transkrip) :

Maaf pak ralat. Penyeban 52 CKP yang saya analisa kabel putus ternyata bukan, ada penyebab lain yaitu sensor CKP nya yang error atau lemah sehingga putus nyambung.

Setelah kabel saya cek dan saya rapikan lagi ternyata masih muncul MIL. Lanjut cek ke bagian magnet. Magnet dibongkar dan kotor berdebu lumayan tebal kemudian dibersihkan termasuk spull dan sensor CKPnya. Karena debu yang tebal bisa jadi pennghalang pembacaan sensor CKP terhadap magnet.

Saya akit lagi setelah dibersihkan, tapi masih muncul MIL dan tetap tidak bisa distarter. Kemudian saya berinisiatif menggeser magnet/diengkol sedikit tidak sampai satu putaran. Dengan maksud merubah posisi pembacaan sensor ckp terhadap magnet. Ternyata bisa distarter. Padahal kondisi lampu MIL masih menyala. Saya simpulkan sensor CKPnya yang error. Karena sensor CKPnya mahal konsumen tidak mau mengganti.

Akhirnya dikasi solusi

Cuma saya kasih solusi kalau pas ga bisa distarter saya suruh gerakin engkolnya sedikit saya yang penting magnet gerak. Ga perlu di standart tengah dulu, standar samping juga bisa. Hanya kena tarif perbaikan 50 ribu. Jika ingin problem tuntas kerusakan CKP atau Sensor hall tersebut disarankan mekanik harus ganti. Sekitar 500an ribu.


Catatan dari Mekanik tersebut :

Nama CKP itu nama sensor secara 1 unit.

Adapun isi CKP gabtungan dari sensor hall dan pulser. Itu kan ada 4 kaki, 3 kali sensor hall yang warna putih strip hitam, putih strip merah, putih strip biru. Yang kaki satunya lagi pulser warna biru strip kuning.


Referensi

Kasus bengkel motor injeksi Klaten yang masuk ke redaksi Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik otomotif Motor injeksi Jogja

Posting Komentar untuk " Vario New 110 ACG Starter Kadang Mau Kadang Tidak"