Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Jupiter Z 1 Tidak Bisa Stasioner

 Jupiter Z 1 Tidak Bisa Stasioner



Problem

Motor Yaaha Jupiter Z1 Tidak bisa Stasioner. Ketika discann ada 3 kode error dan sudut TPS Terlalu kecil. Muncul Kode 15 sensor TPS, kode 24 sensor 02 dan kode 12 sensor CKP

Solusi

Mekanik melakukan langkah perbaikan :

  1. Servis Throttle Body

  2. Bersihkan injektor dengan injector cleater dan terter

  3. Cek tekanan fuel pump normal 40 psi

  4. Bersihkan filter udara

  5. Cek kerenggangan klep normal

  6. Bersihkan sensor 02 dan cek kabelnya

Setelah semua selesai ternyata motor masih tidak bisa stasioner, itu artinya usaha perbaikan belum berhasil. Tenang sabar.


Lanjut langkah berikutnya………………..

Motor maunya distel di 1800 rpm di bawah itu langsung mati. Ternyata setelah periksa fuel pump dan bersihkan rotak dan cuci filter masalah beres, harusnya tidak dicuci ya tapi diganti, karena bengkel tidak ada part. Setelah dibersihkan bisa stasioner di 1250-1300 rpm. Mekanik sempat terkecoh pembacaan scanner dan error, padal solusinya hanya masalah filter kotor dan perlu ganti.


Catatan :

Meskipun diukur tetakan popa injeksi atau fuel pump menunukkan angka normal 40 ps. Tetap perlu diperiksa, karena belum tentu filternya masih bagus dan bersih. Adapun filter sebaiknya tidak hanya dibersihkan tapi ganti filter. Jika hanya dibersihkan khawatir problem kerusakan motor kumat lagi.

Keunikan mencari kerusakan, terkadang sudah dilakukan langkah perbaikan belum berhasil ternyata hanya dengan langkah sederhana beres.


Referensi

Kasus bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik otomotif Motor injeksi Jogja

Posting Komentar untuk " Jupiter Z 1 Tidak Bisa Stasioner"