Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Vario FI 110 Bunyi Nging Area CVT

 Vario FI 110 Bunyi Nging Area CVT


Problem

Honda Vario FI Bunyi Nging Di Area CVT. Bunyinya seperti bunyi vespa sprint. Klik video suara problem Vario FI.

Solusi

Mekanik langsung menaruh kecurigaan pada bagian gear box. Pengecekan awal pada oli gardan. Ternyata sudah menghitam seperti oli mesin, sehingga menguatkan kecurigaan rusak area gear box CVT.

Langkah Kerja mekanik :

  1. Mengganti laker gear box. Membongkar gear box di area blok CVT. Dicek bearing dan gigi rasio dari keausan. Secara fisik gigi rasio tidak tampak aus. Sehingga hanya dilakukan penggatian bearing yang sudah didapati kocak. Hanya 3 bearing saja yang diganti. Bearing roda dan bearig 6301 yang nempel di tutup gear box saja yang tidak diganti. Ternyata masih bunyi.


    ganti laker gear box cvt
    ketiga laker diganti

  2. Langkah selanjutnya diputuskan ganti gigi rasio. Meskipun secara fisik tidak tampak aus yang nyata. Hanya perbedaan warna antara gigi gigi yang bersinggungan. Gigi gear box CVT yang diganti tersebut adalah 3 gear, diantaranya : Gigi primer/as puly CVT, gigi sekunder dan shaft gigi sekunder. Setelah ganti 3 gigi rasio tersebut, Alhamdulullah sura sudah normal kembali. Semua berkah kemudahan dan taufiq dari Allah suhanahu wata’ala.                                                                   ganti gear rasio di gear box CVTganti gear rasio CVT

Rincian biaya servis dan biaya spare part totalnya 634.000.

Biaya ganti laker dan gear box cvt

Referensi

Kasus bengkel motor injeksi Klaten yang masuk ke redaksi Auto Champion dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion Training centre


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor injeksi Jogja