Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Mesin Ninja 250 FI Kasar


Mesin Ninja 250 FI Kasar

Problem
Suara mesin ninja 250 FI kasar. Ada suaran gikllik di bagian mesin atas. Suara timbul saat stationer 1300rpm dan ketika turun gas saat jalan. Hilang kalau rpm sudah mencapai 2000 rpm.
Solusi
Mekanik sudah menduga problemnya ada pada ratai kamrat atau cam Chain yang sudah molor atau tensionernya kendor. Langsung fokus ke langkah perbaikan
  1. Cek ketegangan rantai atau cam Chain dengan melepas screw tengah tensioer. Kemudian putar screw penekan berlawanan arah jarum jam sampai mentok. Tahan pengunci agar tidak lepas atau putar balik lagi.
  2. Pasang pengunci tensioner untuk menahan agar tidak berubah ketinggian kondisi tensioner setelah dilepas, bisa buat sendiri seperti pada gambar.
  3. Lepas unit tensioner dari blok mesin
  4. Lepas pengunci screw dan tensioner akan memanjang maksimal. Masukkan lagi tensioner ke blok mesin. Jika pada posisi ini tensioner masih ada kelebihan panjang keluar. Maka rantai atu cam chainnya masih bagus. Jika dipasang langsung mepet ke blok mesin, maka rantai atau cam chain sudah molor dan harus diganti yang baru (patokan bengkel wahyu motor secara kebiasaan). Pada kasus ini cam chain atau rantai kamrat masih bagus. Dan disimpulkan tekanan tensioner lemah. Berikut langkah langkah penyetelannya
  5. Ukur ketinggian batang penekan tensioner sebelum di setting. Pengukuran ini pada posisi batang penekan mentok ke bawah (bisa dikunci dengan alat pengunci bila khawatir lepas). Terbaca 12.5mm
  6. Seting batang penekan agar ketinggian bertambah. Sehingga lebih kuat menekan cam chain atau rantai kamrat.
  7. Caranya, tensioner masih pada posisi terkunci mentok bawah, lepas circlip body tensioner. Setelah terlepas, putar batang penekan tensioner berlawanan arah jarum jam. Batang penekan akan naik dan bertambah panjang. Pasang kembali pengunci batang tensioner pada alurnya dan pasang cirklipnnya.
  8. Ukur ketinggian setelah diseting, terbaca 22,5. kita buat naik 10 mm atau 1 cm.
  9. Setelah selesai seting, kita pasang tensioner ke blok mesin. Sebelum dipasang kita putar lagi screw tensioner pada posisi paling rendah atau mentok, agar waktu dipasang tensionner pada posisi bebas tidak menekan rantai kamrat ata cam chain.
  10. Setelah dipasang lagi hasilnya lebih halus dan hilang bunyinya.
Catatan Penting :
Ada 2 cara untuk menyetel tensioner yaitu main putaran ulir baut, atau merenggankan pegas tensioner yang sudah lembek, adapun cara ini bersifat sementara sebelum ganti tensioner atau rantai kamrat yang sudah longgar :
  1. Cara di atas mirip dengan penyetelan seperti link video berikut ini jika belum jelas. Cara stel dengan main ulir https://www.youtube.com/watch?v=CAF-0wqrW7I
  2. Cara kedua bisa langsung lihat link video yaitu dengan cara merenggangkan pegas tensioner https://www.youtube.com/watch?v=IScbPXEQPqA


Referensi :
  1. Kasus bengkel motor injeksi Wahyu motor Klaten Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion Training Centre dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion.
  2. Cara stel dengan main ulir https://www.youtube.com/watch?v=CAF-0wqrW7I
  3. Cara perbaikan tensioner dengan menarik atau memanjangkan pegas yang sudah lemah https://www.youtube.com/watch?v=IScbPXEQPqA
cara stel tensioner ninja 250

Alat Penahan Tensioner





Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan Di Jogja