Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ninja 250 FI Cepat Panas dan Aki Cepat Tekor


Ninja 250 FI Cepat Panas dan Aki Cepat Tekor

Problem
Kasus Kerusakan Ninja 250 FI mesin cepat panas ditandai indikator panas menyala. Sistem pengisian juga terganggu, lampu indikator pengisian di dashboard kadang nyala kadang tidak, aki juga sering drop.
Solusi
Mesin cepat panas
  1. Langkah yang kita lakukan adalah mengecek kondisi air radiator.
  2. Kemudian cek kinerja ECT (sensor panas) dengan Scanner Kawasaki, ECT ini pada suhu skitar 103 derajat harus memberi sinyal kipas radiator untuk berputar. Hasil pengecekan kerja kurang maksimal sehingga diganti sensor ECTnya.
  3. Cek thermostat antara 63,55-65,5 derajat celsius harus membuka, sekilas normal. Setelah langkah ketiga masih sering panas dan air keluar dari reservoir. Kecurigaan mengarah ke tutup radiator (sayang tidak punya alat cek tutup radiator), ganti tutup tunda dulu karena barang harus indent. Lanjut langkah berikutnya dulu.
  4. Lepas radiator dan bersihkan dalam radiator. Hasil pengecekan, dalam radiator relatif bersih, namun sirip radiator sekitar 30% tersumbat total oleh kotoran (ini mengganggu proses pendingan coollant. Setelah sirip dibersihkan dan dicoba dihidupkan, penyakit secara pantauan sudah tidak nampak. Semoga tidak kumat.
  5. Pesan Mekanik motor Kawasaki jika masih kumat ada kemungkinan perpak silinder kopnya bocor atau blok melengkung.
Aki Cepat Drop dan Indikator pengisian di dashboard menyala
  1. Pengecekan spul. Spul pernah terbakar, kemungkinan karena panas mesin. Kemudian spull di spull ulang, ternyata hasilnya kurang maksimal dan diukur juga ada yang putus dan nilai tidak ideal. Solusinya ganti spull.
  2. Cek dan bersihkan kabel area pengisian.
  3. Ganti aki yang orisinil dan bagus.
  4. Cek kiprok masih normal. Dan masalah selesai diukur normal lagi dan aki tidak gampang drop.
    Kesimpulan
    Kedua penyakit tersebut saling bisa saling berhubungan. Awalnya panas dulu kemudian spull terbakar dan pengisian terganggu. Atau arus drop dulu sehingga saat mutar kipas radiator tidak maksimal sehingga mesin cepat panas. Sekedar analisa pribadi secara bebas saja.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Karbu dan Injeksi Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)