Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lampu Depan Motor Nyala Saat Direm


Lampu Depan Motor Nyala Saat Direm

Problem
Lampu depan Motor Suzuki Address nyala saat di rem. Ini masih ada hubungannya dengan artikel saya “Suzuki Address Mati Total”, mati totalnya karena sekering putus. Kejadian ini terjadi setelah saya ganti lampu rem belakang di bengkel kecil pinnggir jalan.
Solusi
Karena ada kekhawatiran terjadinya konslet maka saya buka cover body dan cek pengkabelan. Ternyata tidak ada masalah pada sirkuit kabel dan tidak terjadi konsleting atau hubungan pendek pada sirkuit kabel. Kecurigaan mengarah ke lampu belakang yang baru dipasang, ternyata lampu palsu atau imitasi yang konslet inilah yang menjadikan lampu depan nyala saat direm,. Setelah diamati detail mereknya tidak presisi, bahkan filamennyapun tidak presisi pas di tengah bolam kaca. Setelah ganti bolam asli Suzuki yang ternyata dalamnya merek Stanley, masalah beres.
 Bohlam lampu motor imitasi

Bohlam lampu dari Suzuki Asli

Kesimpulan :
  1. Gantilah bolam lampu orisinil baik untuk lampu belakang atau depan.
  2. Sebatas Dugaan, lampu putus juga karena lampu belakang imitasi yang konslet
  3. Saran kepada bengkel motor dealer atau bengkel motor umum non ATPM atau non dealer agar stok lampu orisinil, lebih mahal tapi tidak merepotkan konsumen.
  4. Lampu imitasi yang rusak bisa sebabkan arus yang ada di lampu rem merambat ke lampu depan padahal lampu depan harusnya arus AC.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Karbu dan Injeksi Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)