Ninja 250 FI Aki Tekor dan Cepat Panas
Ninja
250 FI Aki Tekor dan Cepat Panas
Problem
Kawasaki
Ninja 250 FI susah distarter. Setelah didorong mau hidup, tapi saat
hidup tidak berapa lama muncul indikator panas mesin. Dan saat mesin
dimatikan lagi tidak bisa distarter, padahal secara perhitungan
harusnya sudah ngisi aki cukup untuk distarter. Pernah sekali bisa
distarter, tapi masalahnya sama lagi, yaitu indikator temperaturnya
nyala, dan tidak bisa dielektrik starter setelah mesin dimatikan dan
diOnkan lagi, tapi di dorong mau. Sekilas nampak akinya yang rusak
dan ada masalah di sistem pendinginnya.
Solusi
Setelah
diukur secara seksama, pengisian bermasalah, dan hasil ukur sistem
pengisian tidak mau ngisi aki dengan baik. Kecurigaan mengarah ke
spul pengisian, ternyata ada lilitan yang terbakar. Sebaiknya harus
diganti spullnya full set, sekitar 650an ribu. Tapi karena alasan
tertentu dan lebih terjangkau, akhirnya hanya dispul ulang. Setelah
dispul ulang, kemudian dicoba tidak ada gangguan, masalah beres.
Pengisian normal, mudah distarter, dan tidak ada masalah di sistem
pendingin. Ada dugaan kenapa mesin cepat panas, yaitu indikator
mesin cepat nyala karena arus dari aki tidak kuat untuk menggerakkan
kipas pendingin saat mesin panas, karena pengisian terganggu,
sehingga indikator panas nyala.
Referensi
:
Kasus
kerusakan Ninja 250 FI teman kami. Dan sudah discreening oleh
instruktur ahli Auto Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Karbu dan Injeksi Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)