Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Ninja 250 FI Aki Tekor dan Cepat Panas


Ninja 250 FI Aki Tekor dan Cepat Panas

Problem
Kawasaki Ninja 250 FI susah distarter. Setelah didorong mau hidup, tapi saat hidup tidak berapa lama muncul indikator panas mesin. Dan saat mesin dimatikan lagi tidak bisa distarter, padahal secara perhitungan harusnya sudah ngisi aki cukup untuk distarter. Pernah sekali bisa distarter, tapi masalahnya sama lagi, yaitu indikator temperaturnya nyala, dan tidak bisa dielektrik starter setelah mesin dimatikan dan diOnkan lagi, tapi di dorong mau. Sekilas nampak akinya yang rusak dan ada masalah di sistem pendinginnya.
Solusi
Setelah diukur secara seksama, pengisian bermasalah, dan hasil ukur sistem pengisian tidak mau ngisi aki dengan baik. Kecurigaan mengarah ke spul pengisian, ternyata ada lilitan yang terbakar. Sebaiknya harus diganti spullnya full set, sekitar 650an ribu. Tapi karena alasan tertentu dan lebih terjangkau, akhirnya hanya dispul ulang. Setelah dispul ulang, kemudian dicoba tidak ada gangguan, masalah beres. Pengisian normal, mudah distarter, dan tidak ada masalah di sistem pendingin. Ada dugaan kenapa mesin cepat panas, yaitu indikator mesin cepat nyala karena arus dari aki tidak kuat untuk menggerakkan kipas pendingin saat mesin panas, karena pengisian terganggu, sehingga indikator panas nyala.

Referensi :
Kasus kerusakan Ninja 250 FI teman kami. Dan sudah discreening oleh instruktur ahli Auto Champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Karbu dan Injeksi Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)