Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ragam Motor injeksi Brebet

Ragam Motor injeksi Brebet

Motor injeksi brebet menurut pengamatan saya banyak terjadi. Ada banyak faktor yang bisa membuat sistem injeksi mengalami gangguan sehingga membuat motor brebet. Untuk mengecek injeksi brebet bisa menggunakan alat scanner injeksi. Masalahnya, sistem injeksi brebet tersebut ada yang langsung ke detek scanner, dan ada yang tidak. Misalnya honda jika ada gangguan kerusakan di injektornya ada kode 12 (kerusakan injektor juga bisa buat motor injeksi brebet). Ini saya bawakan contoh dua kasus berbeda yang satu muncul kode kerusakan injeksi dan yang satu tidak muncul kode kerusakan injeksi.
Kasus 1
Motor injeksi mio Yamaha Mio Soul GT di gas brebet, jalan pun gak bisa, kedipan gak ada (biasanya kalo discann gak muncul). Yang sudah dilakukan ganti busi, bersihkan fuelpump, bersihkan throttle body, dan saringan filter. Ujung penyelesaiannya ganti injektor beres.
Kasus 2.
Motor injeksi Honda Beat eco brebet. Direset sistem injeksinya, hanya sehari saja bisa sembuh. Kemudian ada yang mencoba di kabel sensor oksigen pernah pakai resistor 1 ohm bertahan normal hanya 3 bulan. Ada kecurigaan sebelumnya memang pernah sempat berkedip 12 (tanda injektor bermasalah). Masalah beres diganti injetornya, untuk yang ini sementara masalah beres semoga tidak kembali lagi. Kesimpulan saat ini sembuh dengan ganti injektor.

Itu dua kasus kerusakan motor injeksi brebet yang bermasalah injektornya, yang 1 muncul dan satunya lagi tidak muncul kode kerusakan injeksi. Masih banyak sebab lain kasus brebet selain sebab injektor, dari kasus yang ringan hanya bersih-bersih soket, sensor dan reset beres, sampai komplek penggantian komponen dan lain sebagainya. semoga bisa menulis lebih banyak lagi.

Referensi
  1. Kasus bengkel Motor injeksi dari Bali yang masuk redaksi Auto Champion dan sudah discreening intruktur ahli Auto Champion.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)