Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suzuki Satria FU Speedo Meter Sering Ngeblank


Suzuki Satria FU Speedo Meter Sering Ngeblank
pengisian terlalu besar


Problem
Datang motor Suzuki Satria FU. Konsumen baru beli kendaraan second. Ada keluhan speedometer setiap 2 menit dihidupan ngeblank speedometernya. Seperti ada kendor kabel.
Solusi
Mekanik membongkar speedometer. Setelah dicek aman tidak ada karat juga. Dipastikan karena habis dicuci kemasukan air, tapi ini aman. Langkah berikutnya mekanik mengecek sistem power supply sistem charging atau sistem pengisian. Dicek dengan menggunakan multimeter digitalberkelas, ternyata over charger (pengisian terlalu besar). Saat digas bisa sampai 18 volt, sedangkan normalnya kurang lebih posisi stasioner 13,5 volt, dan saat digas tidak lebih dari 15 V.
Setelah dicek ternyata memakai kiprok imitasi. Solusinya tinggal ganti kiprok orisinil beres. Ternyata stok habis. Yang tersedia hanya Yamaha dan Honda. Main part subtitusi bisa pakai kiprok Honda Vario 110 karbu dengan harga 111 ribu. Atau ada alternatif lain, pakai punya yamaha mio karbu dengan harga 140ribu. Lumayan kan punya ilmu subtitusi part?. pekerjaan jadi lancar dan cepat cair uang mekaniknya.
Referensi :
Kasus bengkel motor Temanggung Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion Training Centre dan sudah di screening instruktur ahli Auto Champion.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)