Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kesalahan Umum Mekanik Motor


Kesalahan Umum Mekanik Motor

Namanya manusia berbuat salah itu lumrah. Termasuk seorang mekanik motor. Yang penting bagi kita adalah bagaimana menghindari kesalahan, meminimalisir kesalahan dan bertanggung jawab terhadap kesalahan yang diperbuat saat kerja di bengkel. Kesalahan umum mekanik bisa dihindari dengan kita belajar mekanik sepeda motor secara prosedural. Kesalahan kerja mekanik bisa berakibat kepada motor yang diservisnya, keselamatan mekanik, kerugian bengkel motor dan lain sebagainya, ini beberapa kesalahan mekanik motor yang biasa ditemui di lapangan :
  1. Mekanik motor mematahkan baut saat mengencangkan komponen. Ini terjadi karena tidak sesuai ukuran momen pengencangan baut terlalu besar, dan kalau gunakan feeling pengencangan belum dapat feelingnya.
  2. Mekanik motor mematahkan cover body yang terbuat dari plastik.
  3. Mekanik motor kena knalpot yang masih panas.
  4. Mekanik motor lupa mengencangkan baut.
  5. Mekanik motor menghanguskan komponen kelistrikan.
  6. Mekanik motor coba coba komponen mana yang rusak karena terbatas alat dan analisanya masih kurang.
  7. Mekanik motor yang buka usaha sendiri salah kasih harga, entah kemahalan atau terlalu murah.
  8. Mekanik motor main pukul sehingga komponen malah kocak.
  9. Mekanik motor Ganti seker ring seker motor masih berasap padahal motor 4 tak.
  10. Mekanik motor turun mesin pertama kali malah mesin berisik dan oli tidak naik.
  11. Mekanik tidak tahu standar penggunaan alat bengkel dengan baik.
  12. Mekanik motor terlalu percaya diri tanpa belajar mekanik motor dengan benar langsung buka bengkel, belajar sambil jalan, sementara belum banyak yang diketahui sehingga banyak lakukan kesalahan.
  13. Di era motor injeksi mekanik motor minim standar kemampuan mekanik injeksi maupun standar alat injeksinya. Sehingga motor injeksi konsumen jadi ajang coba coba.
  14. Mekanik motor kurang adaptasi terhadap teknolodi, seperti teknolodi injeksi, teknologi rem ABS, dan lain sebagainya.
  15. Mekanik motor sembarangan masukkan oli mesin non matik ke motor matik.
  16. Mekanik Motor merusak pelek racing karena teknik mencongkel ban belum mahir.
  17. Dan lain sebagainya,
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)