Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio J Stationer Normal, Tapi Digas Mati


Mio J Stationer Normal, Tapi Digas Mati

Problem
“Pak ini saya dapat masalah baru. Yamaha Mio J distarter hidup normal, tapi dibawa jalan ditarik gas langsung mati. Distarter langsung hidup dan digas lagi mati, begitu seterusnya. Penanganan kerusakannya sudah ganti rotak, injektor dan ISC (idle speed control) Tapi sama saja, mohon bantuannya.” Dikutip dengan editing.
Solusi
Mekanik motor atau klien pembeli alat auto champion yang konsultasi kerusakan motor injeksi saya beri saran sesuai tingkat pertanyaannya. Sehingga semakin konsultasinya detail akan lebih cepat untuk menemukan kerusakan injeksinya. Saya sarankan cek kompresi, Oli mesin, kunci kontak, saringan bahan bakar, busi. Selain itu saya sarankan juga cek tekanan bahan bakar, tapi tidak ada perubahan sama sekali.
Setelah saya hubungi lagi masalahnya kabel ECU gesekan dengan cover body sampai lapisan kabel putus sampai ke tembaga. Anehnya kalo pelan hidup normal, tapi begitu ditarik gas langsung mati dan distarter hidup lagi. Tapi discann tidak ada malasah. Ini akhirnya problem kerusakna injeksi terselesaikan sendiri mekanik tersebut….….
Putus pak kabelnya (kabe sekitar ECU), cuma lapisan masih sedikit, jadi kalo digeber gasnya langsung mati karena getaran. Tapi kalo motor tidak getar kuat, tidak mati pak. Di situ yang membingungkan. Bapak tidak membalas whatsapp saya, saya hampir nyerah. Tapi saya coba sekali lagi saya bongkar semua kover body, saya hidupkan sambil goyang goyang, begitu motor mati, saya cek dengan teliti. Setelah ketemu saya ketawa ngakak karena ternyata hal sepela, cuma sayangnya saya lupa gak foto.(dikutip dengan editing)

Kasus bengkel motor injeksi Jambi Sumatra Indonesia yang konsultasi ke Auto Champion training centre dan sudah discreening oleh instruktur ahli.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)