Mio J Stationer Normal, Tapi Digas Mati
Mio
J Stationer Normal, Tapi Digas Mati
Problem
“Pak
ini saya dapat masalah baru. Yamaha Mio J distarter
hidup normal, tapi dibawa jalan ditarik gas langsung mati. Distarter
langsung hidup dan digas lagi mati, begitu seterusnya. Penanganan
kerusakannya sudah ganti rotak, injektor dan ISC (idle speed control)
Tapi sama saja, mohon bantuannya.” Dikutip dengan editing.
Solusi
Mekanik
motor atau klien pembeli alat auto champion yang konsultasi kerusakan
motor injeksi saya beri saran sesuai tingkat pertanyaannya. Sehingga
semakin konsultasinya detail akan lebih cepat untuk menemukan
kerusakan injeksinya. Saya sarankan cek kompresi, Oli mesin, kunci
kontak, saringan bahan bakar, busi. Selain itu saya sarankan juga cek
tekanan bahan bakar, tapi tidak ada perubahan sama sekali.
Setelah
saya hubungi lagi masalahnya kabel ECU gesekan dengan cover body
sampai lapisan kabel putus sampai ke tembaga. Anehnya kalo pelan
hidup normal, tapi begitu ditarik gas langsung mati dan distarter
hidup lagi. Tapi discann tidak ada malasah. Ini akhirnya problem
kerusakna injeksi terselesaikan sendiri mekanik tersebut….….
Putus
pak kabelnya (kabe sekitar ECU), cuma lapisan masih sedikit, jadi
kalo digeber gasnya langsung mati karena getaran. Tapi kalo motor
tidak getar kuat, tidak mati pak. Di situ yang membingungkan. Bapak
tidak membalas whatsapp saya, saya hampir nyerah. Tapi saya coba
sekali lagi saya bongkar semua kover body, saya hidupkan sambil
goyang goyang, begitu motor mati, saya cek dengan teliti. Setelah
ketemu saya ketawa ngakak karena ternyata hal sepela, cuma sayangnya
saya lupa gak foto.(dikutip dengan editing)
Kasus
bengkel motor injeksi Jambi Sumatra Indonesia yang konsultasi ke Auto
Champion training centre dan sudah discreening oleh instruktur ahli.
Artikel bermanfaat lainnya
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)