Honda Blade Injeksi Korban ECU 3x
Honda
Blade Injeksi Korban ECU 3x
sumber gambar buka lapak
Problem
Siang
pak, saya dapat Trouble Honda Blade FI. Motor ini Sudah ganti ECU 3
kali pak. Kasusnya kalau diganti ECU baru dipake sehari mati pak.
Saya Scann tapi tidak ada kerusakan. Kondisi pompa bunyi, tapi koil
tidak nyala atau tidak keluar api. Bagaimana solusinya pak.
Solusi
Dari
gejala yang diceritakan fokusnya terjadi konslet yang menyebabkan ECU
terbakar atau rusak. Hanya posisi atau penyebabnya harus dianalisa
satu per satu. Saya Dadang Auto Champion juga musayawarah dengan tim,
diantara saran tim, over charger (arus pengisian berlebih, termasuk
yang harus dicek kiprok imitasi tidak), cek kabel konslet dan koil
imitasi.
Hasil
pantauan setelah konsultasi ke Auto Champion Training Centre.
Alhamdulillah
Sudah beres pak. Memang koilnya imitasi yang jadi masalah.
Tapi ECU kedua memang sudah ada konslet sebelumnya dicover lampu.
Setelah itu saya benarkan konsletnya, setelah saya yakin saya ganti
ECU baru lagi. Tapi setelah 1 hari kemudian motor datang lagi ke
bengkel saya. Saya bingung karena saya yakin konslet sudah tidak ada.
Saya mau coba ganti ECU baru jadi ragu karena harga juga mahal 500
ribu (sudah sekian kali ganti ECu). Lalu saya whatsapp bapak (Dadang
Auto Champion)
Setelah
bapak terangkan penyebab ECU rusak, baru tadi saya cek lagi. Saya
ganti Koil yang original (asli) dan saya ganti ECU baru.
Alhamdulillah bagus pak, cuma saya belum kasih kabar ke bapak karenna
saya mau coba pastiin dulu dalam 2 hari ini biar saya lebih yakin.
Intinya motor sudah aman ECU sudah tidak jebol lagi. Ditulis
dengan editing.
Referensi
:
Bengkel
Motor injeksi Jambi Sumatra yang konsultasi ke Auto Champion dan
sudah discreening oleh instruktur ahli.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta (DIY)