Motor Injeksi Mio GT Digas Tidak Mau Lancar
Motor
Injeksi Mio GT Digas Tidak Mau Lancar
Pegas ISC Bengkok dan Tekanan pompa injeksi di bawah normal. normanya skitar 325 Kpa
Problem
Motor
Injeksi Mio GT digas dredet dredet atau blep blep, susah
deskripsikannya, tapi intinya digas tidak lancar. Injektor sudah
dibersihkan. Di scann pakai scanner Yamaha, tidak muncul kode
kerusakan, hanya rpm terlalu rendah. Filter bensin pompa injeksi
sudah dibersihkan (harusnya ganti) dan filter udara juga sudah
dibersihkan (ada periode ganti juga). Coil dicoba ganti baru, hanya
disubtitusi untuk coba (harusnya main ukur bukan main coba, tapi
tetap saya tulis dulu, sebagai pelajaran), tapi tidak ada perubahan.
Solusi
Kelemahan
mekanik ini gunakan alat ukur belum begitu lancar, masih coba coba
part jadi agak repot jelaskan saat konsultasi. Tapi tetap saya pantau
sebisanya. Akhirnya masalahnya hanya sepele pegas sensor ISCnya
Bengkok. Diluruskan beres tidak ada kendala.
Tapi
ada catatan untuk kasus kerusakan motor injeksi ini ini.
-
Mekanik harus belajar lagi alat ukur multi tester biar tidak coba coba lagi dalam analisa komponen pengapian, untuk disubtitusi dengan motor lain dalam rangka coba. karena belum bisa baca alat ukur dengan benar. Silakan belajar ke Auto Champion Kursus Mekanik Motor Terapan. Miliki kemampuan yang mumpuni agar motor orang bukan untuk ajang coba-coba.
-
Dari kasus tersebut sebetulnya tekanan bahan bakarnya sudah tidak normal dan sudah harus waspada untuk ganti karena tekanannya dibawah standar normal. Sudah butuh ganti pompa injeksi, atau rotaknya saja kalo belum bisa ganti full assy. Karena konsumen dan mekanik tidak ada kesepakatan, akhirnya dibiarkan apa adanya. Intinya penyakit yang tadi itu hilang dan motor bisa dipakai dengan warning tekanan pompa bensin sudah di bawah standar.
Referensi
:
Pengalaman
kasus bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang konsultasi ke Auto
Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta