Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sukses Dan Gagal Tidak Abadi Di Dunia Ini


Sukses Dan Gagal Tidak Abadi Di Dunia Ini
gagal tidak abadi di dunia ini


Perniagaan di dunia resikonya hanya untung atau rugi. Seorang yang beruntung di dunia ini tidak akan abadi, seorang yang bangkrut di dunia ini juga tidak akan abadi. Karena dunia ini fana, akan rusak dan tidak abadi. Simak hakekat gagal dan rugi dalam Islam, agar kita jadi pebisnis, pengusaha, wirausahawan yang kuat mentalnya.

Transkrip cuplikan kajian Ustad Muhammad Afifuddin Assidawi Hafidzohullahu ta’ala:

Ketika Allah taqdirkan dia bangkrut, tatkala Allah taqdirkan dia merugi, dia hanya bisa pasrah kepada Allah subhanahu wataala, dia mengatakan qodarullahu wama syaa fa’al (sudah taqdir Allah dan apa yang Allah kehendaki pasti terjadi), taqdirnya Allah Tabaroka wataala. Muhasabah dia, sabar, introspeksi diri, jangan-jangan karena dosa saya, jangan-jangan karena maksiat saya, jangan-jangan karena kemungkaran saya, jangan jangan karena penyimpangan saya, sehingga tenang hati dia, tidak gundah gulana, tidak sedih, tidak stress, tidak depresi.
(Bila terjadi) Gagal panen tahun ini, qodarullahu wama syaa fa’al, usaha tahun berikutnya!, usaha sekarang belum lancar, qodarullah, teruskan usahanya!, dengan cara yang halal. Sehingga kokoh hatinya, kuat jiwanya, sabar orangnya, pasrah kepada Allah. Tawakalnya sangat tinggi kepada Allah, karena dia tahu itu sifatnya fana, tidak abadi, tidak hakiki.
Maka sebangkrut-bangkrutnya orang di dunia ini, itu bukan hakiki, dia masih mampu untuk bangkit. Segagal-gagalnya orang di dunia, ini dia belum gagal, dia masih bisa bangkit. Serugi-ruginya usaha orang di dunia ini, dia belum rugi, dia masih bisa bangkit. Selama dia, di atas keimaan dia, ketaqwaan dia, kesolehan dia, ketaatan dia, ibadah dia kepada Allah Tabarokallahu taala, dan selama dia tidak melaksanakan sebab sebab kerugian yang hakiki. Barokallahu fiikum.

Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=6x_IfwRHiTQ

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta