Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Buka Bengkel Motor Sendirian


Buka Bengkel Motor Sendirian
sendirian usaha bengkel motor


Buka bengkel motor memang usaha yang masih memiliki prospek untuk saat ini. Dengan persaingan yang ketatpun ada saja pelanggan atau customernya. Mekanik motor juga justru semakin terasah dan terupdate ilmunya dengan tingkat persaingan yang ketat tersebut, karena mau tidak mau terpancing asah kemampuan skill mekaniknnya. Namun dibalik semua itu pengusaha bengkel motor memiliki problematika tersediri dalam melanjutkan existensi usahanya. Diantaranya pilihan untuk sendiri menjalankan usaha bengkel motornya, alias usaha tanpa karyawan, karyawannya ya dirinya sendiri. Ini diantara sebabnya :
  1. Karena memang orangnya single fighter, pejuang yang sendirian. Ada tipe orang seperti ini. Sehingga dia sengaja membatasi pekerjaannya bengkel motornya hanya sebatas yang bisa ditangani oleh dirinya sendiri.
  2. Belum menemukan partner kerja yang cocok dengan karakternya. Tidak sembarang percaya sama orang.
  3. Sudah berusaha mencoba bekerja sama jalankan bengkel motor dengan orang lain, tetapi karena suatu hal akhirnya usaha sendirian lagi. Masalah klasik, susahnya menemukan karyawan yang jujur, kuat berjuang dan yang bertanggungjawab.
  4. Malas berbagi ilmu sehingga dia hanya usaha sendiri tanpa mau menularkan ilmunya ke orang lain. Untuk yang seperti ini, seharusnya tidak terjadi, karena kan rugi, seharusnya punya ilmu bermanfaat jadi amal jariyah jika ditularkan. Setidaknya kalau dia tidak mau menularkan ke orang lain, tularkan ke anaknya sendiri atau saudara yang dipercayainya.
  5. Tidak berpikir masa depan, seharusnya dia memikirkan adanya kader usaha yang sewaktu waktu bisa memegang tongkat estafet melanjutkan usahanya dikala dia sudah tidak mampu. Entah sakit atau ada halangan lainnya.
Itu diantara sebab mengapa orang menjalani usaha bengkel motor sendirian. Tapi terpenting, itu tidak selamanya, agar bisa menyerap karyawan, menularkan ilmunya, melanjutkan existensi dan estafet usahanya. Memberikan manfaat yang lebih ke orang lain tentu saja. Semoga bermanfaat. Nikmati saja hidup ini, kalau memang baru mampunya sendiri.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta