Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Vixion Old Pengisian Tidak Normal


Vixion Old Pengisian Tidak Normal

Problem
Koresponden mekanik injeksi NTT
Assalamualaikum, pak, mau tanya tentang Yamaha Vixion Old. Problem pengisiannya tidak normal. Kalo saklar lampu dinyalakan mesin langsung mati. Saya (Mekanik NTT) eksekusi ganti kiprok. Yang saya tanyakan kalo dikasih aki dan mesin dihidupkan, arusnya jadi hanya 12 volt, tapi tanpa aki dan mesin dihidupkan, pengisiannya 14 volt normal. Kira kira apa yang harus saya lakukan lagi pak mohon bimbinganya. Matur suwun.” (Dikutip semi transkrip dan sedikit editing)
Solusi
Dari keterangan saat konsultasi yang sudah dilakukan adalah ganti kiprok. Dan kesimpulan saya berdasarkan keteranganya, spull normal. Menurut mekanik ada yang tidak normal, ini uraiannya “harusnya pengisian tanpa aki normal, dan kasih aki juga normal. Tapi kenapa dikasih aki voltnya malah menurun jadi hanya 12 Volt. Justru saat aki dilepas arus stabil di angka 14 volt walaupun digas penuh” (Dikutip semi transkrip dan sedikit editing). Saya (Dadang Auto Champion) belum bisa kasih saran karena istri pas sakit. Ternyata saat saya hubungi lagi sudah ketemu, hanya problem soket spulnya saja, setelah diperbaiki soketnya, normal semua.
soket spul vixion bermasalah

Referensi
Kasus Bengkel motor injeksi NTT yang masuk ke redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta