Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbaiki Cover Body Motor Bergetar


Perbaiki Kover Body Motor Bergetar

Problem
Cover body motor bila sudah berumur biasanya mengalami keausan dan kerusakan. Sehingga menyebabkan bunyi getaran di cover body. Bunyi tersebut akan membuat pengendara tidak nyaman dan risih. Selain itu, jika cover body getar atau bunyi, jika didiamnya, akan cepat rusak juga bahkan bisa patah cover bodinya dan menyebabkan baut mudah lepas. Lantas bagaimana solusi perbaikan kover body atau tebeng motor yang rusak tersebut?. Kemudian jika ada konsumen yang kurang peka terhadap kerusakan body motor berisik ini, bengkel motor bisa menjadikan sebagai penawaran servis tambahan. Ini termasuk problem yang sering terjadi di bengkel motor.
Solusi
Setelah kita pastikan cover body motor terpasang dengan baik, dan baut juga utuh, berarti problemnya memang umur kover body atau memang rusak karena pola pemakaian. Sehingga kita bisa lakukan beberapa solusi yang bisa diterapkan untuk atasi kover body motor yang getar dan bunyi tersebut diantaranya :
Pertama
Dilapisi dengan silicon sealant. Jadi antar plastik atau fiber body motor, disuntikkan, dicototkan(red-Jawa) atau ditembakkan silicon sealant. Sehingga tidak ada ruang kosong antar cover body, sehingga tidak ada bunyi atau getaran. Cara ini saya anggap yang paling cespleng (red:Jawa) atau paling efektif, tidak memakan waktu lama.


Sedikit kita jelaskan apa itu silicon sealant:
Sealant adalah bahan yang dapat melekat ke setidaknya dua permukaan. Serta digunakan untuk mengisi celah, menempelkan dua bidang (glass to glass). Sealant tidak dimaksudkan untuk pemindahan beban dan karena itu biasanya kekuatanya lebih rendah daripada perekat, tetapi memiliki fleksibilitas lebih tinggi.
Adapun sillicon sealant adalah sealant berbahan dasar anorganik polimer sintetik dengan kekuatan lebih rendah dari daya rekat yang baik untuk kaca, aluminium dan lain lain. Adapun penggunaan untuk membantu merapatkan cover body atau tebeng motor, termasuk kegunaan yang lain lain. Sumber definisi sealent http://siliconesealantsuper.blogspot.com/2016/10/pengertian-sederhana-silicone-sealant.html, ada sedikit tambahan.
Kedua
Atasi getar dan bunyi kover body motor dengan dobel solatip. Yang dipasang antara plastik kover body motor.


Ketiga
Atasi getar dan bunyi kover body motor dengan potongan spon dan lem perekat. Dan lain sebagainya.
Keempat
Sealer perapat selang radiator. Menurut saya itu juga bisa digunakan.

Mengapa jika yang efektif 1 kok ditulis semuanya?. Tujuan saya menulis semuanya adalah agar bengkel atau mekanik motor memanfaatkan apa yang ada, dan yang mana yang termudah didapati untuk atasi body motor bergetar.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta