Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Oli Masuk Radiator


Oli Masuk Radiator
oli masuk radiator


Problem
Ada kasus unik dari groub Long Drain Inverval Community di Facebook karena unik sekalian saya buat artikel untuk memantau kasus kerusakan motor tersebut. Ini kutipannya….…..
Sekitar 6-9 bulan lalu saya nemuin masalah yang menurut saya cukup aneh dan risih, khawatir juga, itu oli masuk ke radiator. Tapi oli di drain ga putih susu sama sekali alias item layaknnya oli pada umumnya. Mungkin ane kira ini masalah cuma seal waterpump, jadi ane gantilah seal water pump.
Namun masalah ga selesai malah semakin pekat. Sampai sempat belah mesin dan ga nemuin kendala air radiator masuk ke bagian mesin. Dalam kasus ini cuma oli yang masuk radiator, sampe sekarang pun masih.
Yang udah ane lakuin diantaranya :
  1. Ganti seal waterpump (sama saja)
  2. Belah Mesin (sama saja)
  3. Radiator flush berkali-kali (sama saja)
  4. Rendam air radiator pakai rinso berkali kali (sama saja)
  5. Rebus radiator pakai air panas (sama saja)
  6. Ganti tutup radiator (sama saja)
Mungkin ada saran dari om atau tante suhu di sini, ane harus gimana
Mohon pencerahannya om.
Saran Solusi
Karena belum ketemu dan masih tahap pantauan hanya kita tulis saran saran yang berbobot dari anggota groub tersebut untuk membantu proses perbaikan. Sebelumnya perlu diketahui motor tersebut sudah di bore up, jadi analisa tidak terpaku pada solusi standart atau analisa motor standart. Ini beberapa saran dari anggota group yang patut dipertimbangkan diantaranya :
  1. Paking di rumah waterpump diganti.
  2. Bawa head sama buring ke tukang bubut, dial permukaannya. Kalau gak rata di nolkan/slip. Kalau masih kurang yakin bikin bisa pakai amplas 2000 ditaruh di atas kaca.
  3. Cek kerataan sambungan dan cek ada keretakan tidak.
  4. Efek sering bongkar dan oli tercecer.
  5. Cek selang pernapasan mesin buntu tidak?, paking tutup water pump diganti tidak?
  6. Ada anggota group yang sudah punya kasus serupa, sudah ganti sil dan laker 3x, air radiator tetap masuk ke mesin. Akhirnya ganti tiga-tiganya yaitu sil, laker air radiator dan kipasnya.
Pent : Artikel di atas dikutip semi transkrip, dan tambahan uraian.

Referensi
https://web.facebook.com/groups/ldici/permalink/2116990865228141/

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta