Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Motor Matik Tidak Bertenaga, Ngempos, Tidak Kuat Nanjak


Motor Matik Tidak Bertenaga, Ngempos, Tidak Kuat Nanjak

Problem
Motor Matik, baik itu matik karbu maupun matik injeksi. Jika ada problem motor tidak bertenaga, ngempos, atau tidak kuat naik tanjakan, ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan pengecekan.
Solusi
Pengalaman menangani ini kita ambil dari bengkel motor yang sudah berpengalaman. Tekniknya sederhana dan mudah dipahami. Langkah pertama adalah dengan mekanik mencoba motor dikendarai sendiri, agar lebih peka menemukan masalahnya. Sebenarnya pengecekannya mirip motor non matik. Tapi karena motor matik, ada bagian tambahan yang perlu dipastikan juga yaitu bok CVTnya.
Langkah-langkah mengecek agar tidak buang buang waktu dan langsung ketemu problemnya, harus tepat analisanya, diantaranya :
  1. Standarkan motor matik standar 2. Kemudian hidupkan motor, dan coba cek kondisi putaran mesin dari putaran rendah ke putaran tinggi ada masalah atau tidak. Artinya bisa digas lancar dan tidak ada hambatan. Ternyata saat dicoba gas putaran bawah dan atas tidak masalah, relatif lancar. Sehingga bisa dipastikan mesin tidak masalah. Tidak perlu bongkar mesin atau karburatornya, atau berkutat di sistem injeksi jika itu motor injeksi.
  2. Masalah berarti di sekitar CVTnya. Langsung mekanik bisa bongkar di area itu. Analisa mekanik sebelum bongkar, ada bunyi mencurigakan di CVT bagian primary sheave (puli depan). Logikanya jika distribusi tenaga di CVT tidak ideal, tenaga akan drop atau tidak bertenaga. Analisanya yaitu primary sheave atau puli depan terlalu cepat mengembang, sehingga lemah tenaganya. Logikanya mirip seperti gear sepeda ontel jika gear depan besar, lebih berat nanjak. Membongkarnya juga langsung tertuju ke puli depan, bukan puley belakang, dulu, artinya langsung ke titik masalahnya. Adapun lainnya jika ingin diservis tergantung permintaan konsumen, yang penting problemnya sudah ketemu.
  3. Setelah dibongkar, tepat kerusakannya, yaitu terjadi kekocakan bos dan piringan di primary sheave (piringan primer) atau puli depan. Solusi idealnya ganti bos, piringan yang rusak, sil dan sekalian kedua piringan dikasih grease standart untuk motor matik agar tidak terjadi gesekan memicu kekocakan. Jadi kekocakan tadi yang menyebabkan puli depan atau piringan depan (primary sheave) cepat mengembang dan tenaga drop.
bos puli CVT kocak

Referensi
Kasus Bengkel motor injeksi dan motor karbu Jawa Timur dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion. Link referensi asli : Motor matik tidak bertenaga atau tidak kuat nanjak.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta