Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mio Karbu Tiba Tiba Macet Saat Libas Polisi Tidur


Mio Karbu Tiba Tiba Macet Saat Libas Polisi Tidur

Problem
Qodarullah ada orang lewat depan rumah bawa motor matik. Setelah lewat polisi tidur motor macet. Qodarullah, bukan “kebetulan” ya saya tulisnya, karena di dunia ini tidak ada yang terjadi kebetulan, tapi semua sudah diatur sama Allah. Motor matik Yamaha yang masih karbu, tiba tiba macet. Kondisi jauh dari bengkel motor. Kunci juga terbatas.
Solusi
Bapak Saya (sakit Stroke, tapi punya ilmu mekanik) sedang di depan rumah. Melihat orang bawa motor macet ingin menolong sebisanya. Karena melihat gejalanya, dugaan bapak itu disebapkan klep terganjal kotoran, sehingga kompresi hilang tiba tiba sehingga macet susah hidup. Bapak hanya bilang, saya kutip secara makna, “saya bantu pak, tapi karena saya strok tangan tidak bisa bantu”, bapak mau repot kan?, saya yang ajari bapak yang kerjakan”, bapaknya iya setuju. Kemudian bapak menyuruh buka cover bawah jok, dan buka penutup katup, hanya buka 2 baut. Kemudian bapak menyuruh diselah dan dicari pas celah penyetel katup bebas atau prei (pelatuk tidak pas nekan), kemudian dipukul-pukul ringan dengan palu agar kotoran lepas. Setelah itu bisa dihidupkan, masalah beres. Ada pengalaman dari bengkel tetangga juga dengan memasukkan bensin di ruang busi dan diselah selah ( dikick/dobel starter) dalam kondisi kunci kontak dimatikan, layak dicoba. Intinya agar kotoran yang mengganjal klep terlepas sehingga bisa rapat kembali kompresinya. Itu langkah darurat dijalan.
sumber gambar saya kutip dari situs tersebut, tapi saya krop biar jelas

Ada hal yang perlu diperhatikan agar kejadian motor macet tiba tiba karena katup terganjal kotoran bisa dihindari. Diantaranya :
  1. Pastikan saringan udara bersih, dan rutin penggantiannya saringan secara kilometer.
  2. Motor sudah banyak kerak ruang bakarnya, butuh servis.

Referensi
Kasus motor rusak mendadak di depan rumah saya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta