Ganti Throttle Body?, Cek Ini Dulu!
Ganti
Throttle Body?, Cek Ini Dulu!
Pada
sebuah perbaikan kerusakan sepeda motor injeksi terkadang memang
harus diganti 1 set throttle body tanpa tawar menawar lagi. Tapi
bersamaan dengan pengalaman mekanik dan jam terbang terkadang ada
yang bisa dilakukan untuk menghindari penggantian total part trhottle
body secara keseluruhan. Ini berdasarkan artikel saya yang pernah
saya tulis sebelumnya, ternyata ada cara lain yang bisa diterapkan
dulu sebelum melakukan penggantian throttle body.
Ini
terkait artikel saya sebelumnya yaitu “Vario125 PGMFI Stasioner Tidak Stabil dan Gas Tidak Bisa Turun”
untuk solusi kerusakan tersebut mekanik melakukan penggantian
Throttle body assy dan penyakitnya sembuh. Ternyata ada yang bisa
dilakukan terlebih dahulu untuk menghindari penggantian throttle body
pada kasus tersebut, namanya pengalaman mekanik injeksi pasti sangat
dinamis dan selalu berkembang, menurut saya pantas dicoba.
Ini
pengalaman mas Yudi Mekanik Motor Injeksi Sidoarjo Jawa Timur……….
Trouble
shooting tersebut sering terjadi kadang hanya direset langsung
masalah selesai, tapi kadang tidak bisa. Nah kalo ada yang direset
tapi belum langsung bisa normal, maka kita bongkar cuk otomatisnya (IACV) dan kita bersihkan lubang cuk, plunger cuknya sekalian ditarik
pernya. Jangan lupa bersihkan sekalian throttle bodynya. Penyebabnya
karena kotoran, dan pernya sudah mengkerut sehingga tidak bisa
bekerja dengan normal karena tidak bisa mengembalikan posisi plunger
pada posisi membuka saluran udara dengan baik dan sempurnya.
Tambahan
lagi, pada motor matik injeksi Honda, biasayanya kalo ganti throttle
body harus direset dulu lewat dlc karena setiap trhottle body sudut
throttle ya beda beda meski 1 jenis motor (mungkin ada kemungkinan
pas dapat part kw atau cacat produk, atau
memang kasusnya beda sudut meskipun orisinil).
Misal throttle body yang diganti sudutnnya 8 derajat sedangkan
throttle body penggantinya 10 derajat, maka kalo dipasang akan
terjadi mesin teriak karena ECU membacanya throttle sudah membuka,
makanya harus direset. Kalo pas sudut Throttle ya tidak masalah.
Adapun
kadang ada koin trottle yang kebuka sedikit, ternyata belum tentu itu
penyebabnya.
Ya
namanya mekanik injeksi berbagi pengalaman, lumayan bisa jadikan
referensi untuk perbaikan motor injeksi.
Sumber Gambar Bukalapak
Kosakata :
FID = Fast Idle Selenoid
IACV = Intake Air Cut Valve
FID = Fast Idle Selenoid
IACV = Intake Air Cut Valve
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Timur yang masuk ke Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta