Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ganti Throttle Body?, Cek Ini Dulu!

Ganti Throttle Body?, Cek Ini Dulu!

Pada sebuah perbaikan kerusakan sepeda motor injeksi terkadang memang harus diganti 1 set throttle body tanpa tawar menawar lagi. Tapi bersamaan dengan pengalaman mekanik dan jam terbang terkadang ada yang bisa dilakukan untuk menghindari penggantian total part trhottle body secara keseluruhan. Ini berdasarkan artikel saya yang pernah saya tulis sebelumnya, ternyata ada cara lain yang bisa diterapkan dulu sebelum melakukan penggantian throttle body.

Ini terkait artikel saya sebelumnya yaitu Vario125 PGMFI Stasioner Tidak Stabil dan Gas Tidak Bisa Turun untuk solusi kerusakan tersebut mekanik melakukan penggantian Throttle body assy dan penyakitnya sembuh. Ternyata ada yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk menghindari penggantian throttle body pada kasus tersebut, namanya pengalaman mekanik injeksi pasti sangat dinamis dan selalu berkembang, menurut saya pantas dicoba.

Ini pengalaman mas Yudi Mekanik Motor Injeksi Sidoarjo Jawa Timur……….
Trouble shooting tersebut sering terjadi kadang hanya direset langsung masalah selesai, tapi kadang tidak bisa. Nah kalo ada yang direset tapi belum langsung bisa normal, maka kita bongkar cuk otomatisnya (IACV) dan kita bersihkan lubang cuk, plunger cuknya sekalian ditarik pernya. Jangan lupa bersihkan sekalian throttle bodynya. Penyebabnya karena kotoran, dan pernya sudah mengkerut sehingga tidak bisa bekerja dengan normal karena tidak bisa mengembalikan posisi plunger pada posisi membuka saluran udara dengan baik dan sempurnya.

Tambahan lagi, pada motor matik injeksi Honda, biasayanya kalo ganti throttle body harus direset dulu lewat dlc karena setiap trhottle body sudut throttle ya beda beda meski 1 jenis motor (mungkin ada kemungkinan pas dapat part kw atau cacat produk, atau memang kasusnya beda sudut meskipun orisinil). Misal throttle body yang diganti sudutnnya 8 derajat sedangkan throttle body penggantinya 10 derajat, maka kalo dipasang akan terjadi mesin teriak karena ECU membacanya throttle sudah membuka, makanya harus direset. Kalo pas sudut Throttle ya tidak masalah. Adapun kadang ada koin trottle yang kebuka sedikit, ternyata belum tentu itu penyebabnya.
Ya namanya mekanik injeksi berbagi pengalaman, lumayan bisa jadikan referensi untuk perbaikan motor injeksi.


fid vario
Sumber Gambar Bukalapak
Kosakata :
FID = Fast Idle Selenoid
IACV = Intake Air Cut Valve

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Timur yang masuk ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta