Beda Mekanik Senior dan Junior
Beda
Mekanik Senior dan Junior
Inspirasi
penting dan mendalam hari ini. Kali ini saya menulis tidak
terkait kasus atau problem kerusakan sepeda motor, tapi mobil, namun
masih ada hubungannya, soalnya terkait analisa kerusakan kendaraan
bermotor.
Saya
alami sendiri pada mobil saya yang relatif sudah tua mobilnya (tidak
saya sebutkan mereknya). Saya biasa servis di bengkel langganan, jadi
saya percaya saja soal pekerjaannya sebab selama ini relatif baik
baik saja. Suatu saat mobil saya setelah diservis dan ganti oli tidak
berapa lama knalpot mulai berasap kebiruan, dan jelas itu bau oli
terbakar. Langsung dugaan saya rusak sil klepnya atau seker dan ring
sekernya sudah mulai rusak, maklum mobil tua.
Saya
perlihatkan kondisi mobil saya tersebut ke bengkel langganan saya,
dari indikasinya mekanik tersebut menyarankan untuk ganti sil klep
dulu saja, sambil dilihat kondisi seker ring seker, jika ada
kemungkinan rusak siapkan anggaran sekalian yang kurang lebih 3,5
juta. Masalahnya seriusnya bukan di biaya, tapi mobil saya tersebut
walaupun mobil tua, tapi transportasi utama untuk kerja dan anak
sekolah.
Sebelum
saya pastikan untuk bongkar dan perbaiki agar kerusakan mobil tidak
semakin parah, saya konsultasi dengan bapak saya dulu. Penting dan
perlu diketahui, walaupun bapak sakit Stroke, beliau mantan
Mekanik Mobil senior, bahkan pemilik bengkel mobil sekaligus, yang
punya karyawan sekaligus murid yang sudah pada buka bengkel. Dan
perlu diketahui begkel langganan saya tersebut sebenarnya bisa
dikatakan termasuk murid bapak tapi ilmu riwayatnya, tidak langsung
karena belajarnya dari murid bapak juga (ini setidaknya menurut
analisa saya mellihat dari perkembangan ilmu mekaniknya). Bapak
intinya hanya bilang jangan dibongkar dulu, bapak hanya tanyakan
“olinya apa ganti merek?” saya kutip secara makna, saya
jawab, “ganti oli pak, bahkan orisinilnya, alias
rekomendasi pabrikan mobil”. Logikanya oli rekomendasi pabrikan
kan bagus jadi tidak ada kecurigaan. Tapi bapak tetap ngotot coba
ganti oli biasanya tidak usah rekomendasi pabrikan, yaitu oli merek
umum yang biasa saya pakai. Setelah diganti oli merek tertentu
tersebut, tidak berasap lagi, nyaman dan normal. Sebuah analisa
problem kerusakan yang tepat dan menyembuhkan.
Ada
beberapa point penting yang jadi pelajaran :
-
Mekanik senior dan berpengalaman lebih bagus trouble shootingnya.
-
Ada kemungkinan saat itu ketemu oli palsu walaupun merek rekomendasi pabrikan, aneh juga menurut saya.
-
Analisa kerusakan yang tepat bisa menghemat waktu dan uang bagi konsumen.
-
Pentingnya ilmu trouble shooting yang tepat, terapan dan teruji dalam dunia pendidikan dan kursus mekanik terapan. ( itu menjadi titik berat pendidikan di Auto Champion Training Centre)
Referensi
Inspirasi
ilmu mekanik terapan dari Bapak saya yang selalu menginspirasi dan
salah satu yang paling berpengaruh terhadap perkembangan pola
pendidikan mekanik motor yang saya rintis. Semoga jadi amal jariyah
beliau, amiin.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta