Turun Mesin Tidak Sukses
Turun
Mesin Tidak Sukses
Problem
Motor
Honda Revo
Absolute
baru
2 bulan
turun mesin, suaranya sudah
kasar lagi.
Pelanggan
mengeluh katanya sudah
habis 1jt-an di bengkel sebelumnya.
Solusi
Mekanik lakukan pengecekan ternyata di bagian mekanisme klep kering kerontang. Mekanik curiga kehabisan oli karena suara stang seker, piston, dan kamrat juga jelas sekali. Setelah dicek olinya masih ada sesuai dengan ukuran oli stik, dari sini mekanik menyimpulkan kalo olinya tidak sirkulasi, dan harus turun mesin lagi, pelanggan pun ok.
Kemudian mekanik mebongkar dan langsung mengecek galeri oli tidak ada yg tersumbat. Selanjutnya Mekanik cek pompa olinya dengan seksama, sepintas memang tidak ada kejanggalan.
Mekanik lakukan pengecekan ternyata di bagian mekanisme klep kering kerontang. Mekanik curiga kehabisan oli karena suara stang seker, piston, dan kamrat juga jelas sekali. Setelah dicek olinya masih ada sesuai dengan ukuran oli stik, dari sini mekanik menyimpulkan kalo olinya tidak sirkulasi, dan harus turun mesin lagi, pelanggan pun ok.
Kemudian mekanik mebongkar dan langsung mengecek galeri oli tidak ada yg tersumbat. Selanjutnya Mekanik cek pompa olinya dengan seksama, sepintas memang tidak ada kejanggalan.
Tindakan
selanjutnya …….
Setelah semua yang rusak diganti, kemudian langsung dirakit ( silinder blok saja, adapun kepala silinder tidak dipasang dulu) untuk pengetesan secara manual apakah pompa oli dapat bekerja dengan baik, dengan cara kick starternya kita gerakkan pakai tangan.Ternyata setelah diisi oli dan dites oli, tetap tidak bisa sirkulasi sampai beberapa kali bongkar pasang. Kecurigaan mengerucut pada pompa oli, karena dibagian tutup pompa oli ada bekas aliran oli yg merembes ke bawah, dan mekanik beramsumsi kemungkinan karena dipukul atau salah pemasangan. Akhirnya mekanik belikan pompa oli baru yang orisinil dengan harga 40.000 dan langsung dipasang dan dites oli lancar mengalir, selanjutnya mekanik merakit kembali mesinnya dan alhamdulillah oli bersirkulasi lancar.
Setelah semua yang rusak diganti, kemudian langsung dirakit ( silinder blok saja, adapun kepala silinder tidak dipasang dulu) untuk pengetesan secara manual apakah pompa oli dapat bekerja dengan baik, dengan cara kick starternya kita gerakkan pakai tangan.Ternyata setelah diisi oli dan dites oli, tetap tidak bisa sirkulasi sampai beberapa kali bongkar pasang. Kecurigaan mengerucut pada pompa oli, karena dibagian tutup pompa oli ada bekas aliran oli yg merembes ke bawah, dan mekanik beramsumsi kemungkinan karena dipukul atau salah pemasangan. Akhirnya mekanik belikan pompa oli baru yang orisinil dengan harga 40.000 dan langsung dipasang dan dites oli lancar mengalir, selanjutnya mekanik merakit kembali mesinnya dan alhamdulillah oli bersirkulasi lancar.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Timur yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta