Turun Mesin Tidak Sukses
Turun
Mesin Tidak Sukses
Problem
Motor
Honda Revo
Absolute
baru
2 bulan
turun mesin, suaranya sudah
kasar lagi.
Pelanggan
mengeluh katanya sudah
habis 1jt-an di bengkel sebelumnya.
Solusi
Mekanik
lakukan pengecekan ternyata di
bagian mekanisme klep kering kerontang. Mekanik
curiga kehabisan oli karena
suara stang
seker,
piston,
dan kamrat juga jelas
sekali. Setelah
dicek olinya masih ada sesuai dengan
ukuran oli stik, dari
sini mekanik
menyimpulkan kalo
olinya tidak
sirkulasi, dan harus
turun mesin lagi,
pelanggan pun ok.
Kemudian mekanik mebongkar dan langsung mengecek galeri oli tidak ada yg tersumbat. Selanjutnya Mekanik cek pompa olinya dengan seksama, sepintas memang tidak ada kejanggalan.
Kemudian mekanik mebongkar dan langsung mengecek galeri oli tidak ada yg tersumbat. Selanjutnya Mekanik cek pompa olinya dengan seksama, sepintas memang tidak ada kejanggalan.
Tindakan
selanjutnya …….
Setelah semua yang rusak diganti, kemudian langsung dirakit ( silinder blok saja, adapun kepala silinder tidak dipasang dulu) untuk pengetesan secara manual apakah pompa oli dapat bekerja dengan baik, dengan cara kick starternya kita gerakkan pakai tangan.Ternyata setelah diisi oli dan dites oli, tetap tidak bisa sirkulasi sampai beberapa kali bongkar pasang. Kecurigaan mengerucut pada pompa oli, karena dibagian tutup pompa oli ada bekas aliran oli yg merembes ke bawah, dan mekanik beramsumsi kemungkinan karena dipukul atau salah pemasangan. Akhirnya mekanik belikan pompa oli baru yang orisinil dengan harga 40.000 dan langsung dipasang dan dites oli lancar mengalir, selanjutnya mekanik merakit kembali mesinnya dan alhamdulillah oli bersirkulasi lancar.
Setelah semua yang rusak diganti, kemudian langsung dirakit ( silinder blok saja, adapun kepala silinder tidak dipasang dulu) untuk pengetesan secara manual apakah pompa oli dapat bekerja dengan baik, dengan cara kick starternya kita gerakkan pakai tangan.Ternyata setelah diisi oli dan dites oli, tetap tidak bisa sirkulasi sampai beberapa kali bongkar pasang. Kecurigaan mengerucut pada pompa oli, karena dibagian tutup pompa oli ada bekas aliran oli yg merembes ke bawah, dan mekanik beramsumsi kemungkinan karena dipukul atau salah pemasangan. Akhirnya mekanik belikan pompa oli baru yang orisinil dengan harga 40.000 dan langsung dipasang dan dites oli lancar mengalir, selanjutnya mekanik merakit kembali mesinnya dan alhamdulillah oli bersirkulasi lancar.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Timur yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta