Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Supra Fit New Sering Mati


Supra Fit New Sering Mati
mesin supra gampang mati
Sumber gambar FJB kaskus

Problem
Ada konsumen bawa motor Honda Supra Fit New dengan kendala sering mati. Jalan beberapa meter Mati. Motor tersebut masih menggunakan teknologi karburator.
Solusi
Mekanik memperkirakan itu problemnya di kunci kontak, ternyata bukan. Kemudian mekanik mengganti beberapa komponen diantaranya spul, pulser asli, CDI bahkan koil. Kunci kontak juga dilepas sementara untuk pastikan itu bukan problem di kunci kontak.
Lanjuut pengecekan berikutnya…..
Mekanik melanjutkan ke pengecekan sistem bahan bakar, kondisinya saluran bensin lancar, ukuran bensin dalam karburator normal. Intinya sekilas karburator normal. Top kompresi juga normal. Akhirnya ketemunya masalah sepele, jarum pelampungnya kadang macet kadang lancar, sehingga aliran bensin kadang macet kadang lancar. Solusinya ganti jarum pelampung yang normal kinerjanya. Uniknya hasil pembakaran busi menurut mekanik (mas Ali) normal tidak mencurigakan area busi. Itulah sebabnya cari solusiya sampai ribet tidak biasa. Ada kemungkinan jarum pelampung sebelumnya tidak asli sehingga gampang macet (sebatas dugaan saya saja). Itulah harga yang harus dibayar mahal karena trouble shooting tidak langsung tepat sasaran. Tapi pembaca tinggal ambil pengalamanya beres kan.

tanda jarum pelampung rusak


Referensi
Bengkel motor injeksi NTT yang konsultasi ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta