Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebab Part Injeksi Mio J Pada Jebol

Sebab Part Injeksi Mio J Pada Jebol
sebab part injeksi rusak


Problem
Dari Ali bengkel injeksi NTT Anugrah Jaya Motor Kota Waingapu :
Assalamualaikum pak, mau tanya motor Mio J pengisiannnya naik turun terus, spul ganti baru (orisinil), kiprok baru (orisinil), aki baru, kira kira apanya ya pak yang kurang, sudah memakan fuelpump asli 2 kali. Mohon bimbingannya pak, salam dari kota demak.
Detailnya…….
Awal datang motor injeksi Mio J mati total. saya tanya sama pemiliknya, katanya sudah diperbaiki di tempat bengkel sebelumnya diagnti fuelpump original dan rusak atau jebol. Kemudian di bawa ke bengkel motor saya dalam keadaan mati total, dan fuelpump tidak bunyi.
Saya eksekusi menggunakan alat infuse injeksi eh motornya bisa hidup atau nyala. Habis itu saya tes pengisiannya pake tester digital. Saya tanya pada diri saya sendiri, kenapa pengisiannya kok ngaco apa yang bermasalah lagi. Padahal saya sudah ganti spul asli, ganti kiprok asli, dan ganti ECU asli. Kabel masa sudah saya kasih tambahan semua. Apa mungkin ISC rusak bisa jadi biang keroknya pak? ISC sudah saya reset tapi tetap muncul kode 61. Kabel-kabel sudah saya urut semua tidak ada masalah. Kasus sulit masih teka teki belum terjawab pak sudah diluar nalar tolong dibantu pak. Dicoba gunakan 2 tester digital untuk antisipasi barang kali multinya yang rusak, ternyata hasilnya sama saja.
Solusi
Itu contoh tingkat kesulitan trouble shooting motor injeksi dari mekanik Bengkel Injeksi asal Demak Jateng yang Merantau di NTT. Beberapa saran sudah saya instruksikan, termasuk melihat parameter data scann. Dan saya musyawarahkan dengan tim, hasilnya perlu cek masa kiprok salah satunya, intinya massa perlu dicurigai. Kemudian mekanik bengkel injeksi tersebut temukan kabel body motor putus nyambung. Kemudian perbaiki kabel bodynya dan sekalian diganti rumah sekring. Jadi solusi intinya ganti kabel body sembuh.
Catatan penting terkait ISC :
Bisa problemnya terkait alat scann yang kurang canggih untuk reset sensor ISC, bisa juga memang ISCnya bermasalah, dan disarankan untuk cek cop busi dan businya agar semua orisinil dan businya kusus busi injeksi yang ada kode R nya.

Referensi
Bengkel motor injeksi Demak (buka di NTT) yang konsultasi ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta