Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebab ECU Mati


Sebab ECU Mati

Problem
Motor injeksi Honda Beat FI esp datang dalam kondisi motor mati. Menurut keterangan yang punya, kondisi awal motornya jika distandart tengah mau hidup normal, tapi kalau diturunkan, mesin langsung mati.
Solusi
Setelah mekanik mendapatkan informasi yang cukup terkait kondisi motor injeksi tersebut, mekanik melakukan pengecekan kondisi ECM, ini dilakukan tentunya karena mekanik berpengalaman, jadi bisa njujuk (langsung ke problem utama). Ternyata didapati ECM/ECU jebol. Dilanjutkan ke pengecekan sekring. Di situ terlihat ada beberapa sekring yang telah diganti, tapi ukurannya melebihi dari standarnya, satu problem ditemukan, lekas ganti sekring yang sesuai standar awal jangan asal ganti (sekring 20A yang salah pasang, diganti yang 5A yang masuk ECU, atau sesuai standar)
Mekanik melanjutkan pengecekan berikutnya yaitu kabel body. Ditemukan kabel dari sensor CKP terkelupas dan mengakibatkan konslet. Setelah diperbaiki dan diganti dengan ECM/ECU baru, motor bisa hidup kembali dan normal.

sebab ecm mati


Penting diketahui :
Seharusnya sekring yang ke ECM 5A. Tapi malah diganti yang 20A, ini kesalahan mekanik motor sebelumnya. Seandainya yang konslet diperbaiki dulu terus sekring diganti 20 (meskipun seharusnya 5A), ECM pasti tidak jebol. Tapi karena konslet belum diperbaiki sekring diganti 20A ya jelas ECM langsung jebol. Ibarat kalo ada arus besar bukan sekringnya dulu yang jebol tapi rangkaian dulu yang jebol, kemudian baru sekringnya, kan kebalik fungsi safetynya. Ini sebagai perhatian bagi mekanik atau bengkel, jangan sembarang pasang sekring, sekring ada ukurannya juga, pastikan sesuaikan dengan sekring standar pabrikannya. Dalam kasus ini ganti sekring yang salah tadi (20A) diganti sesuai standar 5A yang masuk ECU.
Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah (grabak) yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta