Sebab ECU Mati
Sebab
ECU Mati
Problem
Motor
injeksi Honda Beat FI esp datang dalam kondisi motor mati. Menurut
keterangan yang punya, kondisi awal motornya jika distandart tengah
mau hidup normal, tapi kalau diturunkan, mesin langsung mati.
Solusi
Setelah
mekanik mendapatkan informasi yang cukup terkait kondisi motor
injeksi tersebut, mekanik melakukan pengecekan kondisi ECM, ini
dilakukan tentunya karena mekanik berpengalaman, jadi bisa njujuk
(langsung ke problem utama). Ternyata didapati ECM/ECU jebol.
Dilanjutkan ke pengecekan sekring. Di situ terlihat ada beberapa
sekring yang telah diganti, tapi ukurannya melebihi dari standarnya,
satu problem ditemukan, lekas ganti sekring yang sesuai standar awal
jangan asal ganti (sekring 20A yang salah pasang, diganti yang 5A
yang masuk ECU, atau sesuai standar)
Mekanik
melanjutkan pengecekan berikutnya yaitu kabel body. Ditemukan kabel
dari sensor CKP terkelupas dan mengakibatkan konslet. Setelah
diperbaiki dan diganti dengan ECM/ECU baru, motor bisa hidup kembali
dan normal.
Penting
diketahui :
Seharusnya
sekring yang ke ECM 5A. Tapi malah diganti yang 20A, ini kesalahan
mekanik motor sebelumnya. Seandainya yang konslet diperbaiki dulu
terus sekring diganti 20 (meskipun seharusnya 5A), ECM pasti tidak
jebol. Tapi karena konslet belum diperbaiki sekring diganti 20A ya
jelas ECM langsung jebol. Ibarat kalo ada arus besar bukan sekringnya
dulu yang jebol tapi rangkaian dulu yang jebol, kemudian baru
sekringnya, kan kebalik fungsi safetynya. Ini sebagai perhatian bagi
mekanik atau bengkel, jangan sembarang pasang sekring, sekring ada
ukurannya juga, pastikan sesuaikan dengan sekring standar
pabrikannya. Dalam kasus ini ganti sekring yang salah tadi (20A)
diganti sesuai standar 5A yang masuk ECU.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah (grabak) yang masuk redaksi Auto Champion,
dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta