Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Perawatan Motor injeksi di Pesisir


Perawatan Motor injeksi di Pesisir

Kerusakan motor injeksi dan perawatannya berbeda-beda sesuai kondisi daerahnya. Motor injeksi di daerah pegunungan berbeda dengan motor injeksi di daerah perkotaan, begitu pula berbeda dengan motor injeksi di daerah pesisir. Adapun jenis kerusakannya bisa terkait sistem injeksi ataupun tidak terkait sistem injeksi.
Berikut ini contoh model kerusakan motor injeksi di daerah pesisir.
Problem
Motor injeksi Honda Vario lama dengan keluhan kalau dielektrik starter ataupun diengkol atau dikick starter tidak mau hidup. Motor didorong.
Solusi
Pertama kali mekanik cek sekringnya, main sekring 25A putus. Kemudian cek kondisi aki 12,7V. Kemudian coba distarter lagi putus lagi main sekringnya 25A. Pengecekan akhirnya sampai ke area spull, ternyata parah, maklum tinggal di daerah pesisir. Untungnya hanya spullnya magnetnya relatif masih bisa digunakan, begitu ganti spull assy orisinil seharga 613 ribu, masalah beres. Spull assy vario tersebut 1 set dengan sensor CKP. Jika sensor CKP rusak, tidak akan ada percikan api di busi, sehingga tidak bisa hidup motornya.

spull vario assy

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta