Perawatan Motor injeksi di Pesisir
Perawatan
Motor injeksi di Pesisir
Kerusakan
motor injeksi dan perawatannya berbeda-beda sesuai kondisi daerahnya.
Motor injeksi di daerah pegunungan berbeda dengan motor injeksi di
daerah perkotaan, begitu pula berbeda dengan motor injeksi di daerah
pesisir. Adapun jenis kerusakannya bisa terkait sistem injeksi
ataupun tidak terkait sistem injeksi.
Berikut
ini contoh model kerusakan motor injeksi di daerah pesisir.
Problem
Motor
injeksi Honda Vario lama dengan keluhan kalau dielektrik starter
ataupun diengkol atau dikick starter tidak mau hidup. Motor didorong.
Solusi
Pertama
kali mekanik cek sekringnya, main sekring 25A putus. Kemudian cek
kondisi aki 12,7V. Kemudian coba distarter lagi putus lagi main
sekringnya 25A. Pengecekan akhirnya sampai ke area spull, ternyata
parah, maklum tinggal di daerah pesisir. Untungnya hanya spullnya
magnetnya relatif masih bisa digunakan, begitu ganti spull assy
orisinil seharga 613 ribu, masalah beres. Spull assy vario tersebut 1
set dengan sensor CKP. Jika sensor CKP rusak, tidak akan ada percikan
api di busi, sehingga tidak bisa hidup motornya.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta