Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

New Vixion Mogok dan ECU Panas


New Vixion Mogok dan ECU Panas

Problem
Motor Injeksi Yamaha New Vixion Mogok. Mekanik dapati saat kunci kontak On, ECUnya panas. MIL atau cek engine tidak nyala. Kondisi aki/accu keluar cairan zurrnya.
Solusi
Mekanik mengganti aki terlebih dulu, harga originalnya 225rb. Kondisi indikator chek engine masih tidak menyala, artinya tidak ada kode kerusakan, dan ECU masih panas. Kerusakan berikutnya ternyata ECU mati, pantas tidak bisa membaca kode kerusakan. Kemudian mekanik mengaganti ECU seharga 579rb original. Saat ECU normal, scann akan bisa membaca kode kerusakan. Kemudian mekanik nyalakan mesin dan scann, langsung terbaca kode sejarah kerusakan, yaitu power supply ke sistem FI tidak normal. Data parameter scann terbaca pengisian berlebih saat rpm 5.000 ke atas, bahkan pengisian hingga mencapai 19.5 volt.
Lanjut ke pengecekan kiproknya, ternyata kiprok imitasi, itulah kemungkinan penyebab kerusakan aki dan ECU. Kemudian mekanik mengganti kiprok seharga 220 ribu original (orisinil). Untuk kiprok bisa pakai Mio J karena mekanik pas bawanya kiprok Mio J, dan itu sama saja bisa dipakai. Setelah mekanik pasang kiprok, dan cek lagi pengisian, saat stasioner 13,5V adapun posisi rpm penuh 14,5 V, itu pengisian normal. Langkah selanjutkan mekanik mereset atau menghapus sejarah kerusakan tadi dengan scann. Masalah beres.
ECU Vixion

Kesimpulan
Part injeksi ECU dan aki rusak penyebabnya kiproknya rusak, dan mudah rusaknya karena kiprok imitasi sehingga menyebabkan pengisian berlebih (overcharging). Adapun pengisian normal yaitu 13,5V posisi stasioner dan 14,5V saat rpm penuh.

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta