CBR150R Mogok Dan Mesin Sulit Hidup
CBR150R
Mogok Dan Mesin Sulit Hidup
Problem
Motor
Injeksi Honda CBR150R Mogok, mesin sulit hidup, jika hidup harus
ditahan gasnya, tapi selang beberapa detik mati lagi.
Solusi
Mekanik
scann sistem injeksinya, terdeteksi kerusakan pada sensor MAQS. Hasil
pengecekan sensornya dan soketnya bagus tidak masalah. Langsung saja
direset ECU, dan DTC (Data Trouble Code) mau hilang. Tapi tidak ada
perubahan, motor tetap pada kondisi semula.
Pengecekan
dilanjutkan ke komponen cop busi dan coil. Didapati ternyata cop busi
pakai punya motor Satria FU. Saat dicek tahanan cop busi lumayan
tinggi yaitu 8,2 Kilo Ohm, padahal standarnya 5 Kilo Ohm, selain itu
saat cop busi dikocok kocok bersuara, berarti ata bagian yang rontok
di dalamnya. Adapun tahanan koil putus, tepatnya tahanan sekundernya
yang putus. Solusinya ganti cop busi original seharga 300 ribu dan
koilnya 150 ribu. Motor kembali normal dan mudah dihidupkan.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta