Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CBR150R Mogok Dan Mesin Sulit Hidup


CBR150R Mogok Dan Mesin Sulit Hidup

Problem
Motor Injeksi Honda CBR150R Mogok, mesin sulit hidup, jika hidup harus ditahan gasnya, tapi selang beberapa detik mati lagi.
Solusi
Mekanik scann sistem injeksinya, terdeteksi kerusakan pada sensor MAQS. Hasil pengecekan sensornya dan soketnya bagus tidak masalah. Langsung saja direset ECU, dan DTC (Data Trouble Code) mau hilang. Tapi tidak ada perubahan, motor tetap pada kondisi semula.
Pengecekan dilanjutkan ke komponen cop busi dan coil. Didapati ternyata cop busi pakai punya motor Satria FU. Saat dicek tahanan cop busi lumayan tinggi yaitu 8,2 Kilo Ohm, padahal standarnya 5 Kilo Ohm, selain itu saat cop busi dikocok kocok bersuara, berarti ata bagian yang rontok di dalamnya. Adapun tahanan koil putus, tepatnya tahanan sekundernya yang putus. Solusinya ganti cop busi original seharga 300 ribu dan koilnya 150 ribu. Motor kembali normal dan mudah dihidupkan.
koil cbr150r

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta