Beat FI 2014 Mati Mendadak dan Kadang Susah Hidup
Beat
FI 2014 Mati Mendadak dan Kadang Susah Hidup
Problem
Motor
injeksi Honda Beat FI 2014 Mati Mendadak dan kadang tidak bisa hidup.
Kode kerusakan untuk diagnosa tidak muncul. Dari coil juga tidak ada
apinya.
Solusi
Bengkel
injeksi Sragen tersebut sempat konsultasi ke Auto Champion Training
centre. Saya menyarankan untuk cek pompa injeksi dulu, bunyi tidak,
kemudian cek sensor CKP bagus tidak. Dari keterangan bengkel injeksi
Sragen tersebut pompa injeksi bagus dan CKP aman. Saya hubungi lagi
bengkelnya, mekaniknya bilang sudah direset langsung ada apinya dan
bisa hidup lagi. Tapi yang membuat bingung masak direset langsung
hidup, trus tadi kenapa?.
Lanjut…….
Ternyata
ini intinya, jadi tidak ada hubungannya dengan reset sistem injeksi
hidupnya, itu kata mekanik selanjutnya setelah saya hubungi. Tapi
ngepasi saja, di coil kan ada 2 kabel, yang satu kabel hitam dan yang
satu lagi kabel kuning strip hijau (catatan kabel belum dimodif ya,
soalnya repot kalau hapalkan kabel, intinya di koil ada 2 kabel dan
salah satunya konslet atau ngeground). La pas belum direset, kabel
yang berwarna hitam di koil ini ngeground atau konslet ke massa, tapi
setelah direset kabel hitam tadi tidak ngeground ke massa, sehingga
mau hidup. Intinya motor tersebut tidak mau hidup karena kabel hitam
ngeground atau konslet ke massa. Jadi solusinya tinggal dikasih
isolasi kabel hitamnya, beres.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah (Sragen) yang konsultasi ke Auto Champion,
dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion