Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beat FI 2014 Mati Mendadak dan Kadang Susah Hidup


Beat FI 2014 Mati Mendadak dan Kadang Susah Hidup

Problem
Motor injeksi Honda Beat FI 2014 Mati Mendadak dan kadang tidak bisa hidup. Kode kerusakan untuk diagnosa tidak muncul. Dari coil juga tidak ada apinya.
Solusi
Bengkel injeksi Sragen tersebut sempat konsultasi ke Auto Champion Training centre. Saya menyarankan untuk cek pompa injeksi dulu, bunyi tidak, kemudian cek sensor CKP bagus tidak. Dari keterangan bengkel injeksi Sragen tersebut pompa injeksi bagus dan CKP aman. Saya hubungi lagi bengkelnya, mekaniknya bilang sudah direset langsung ada apinya dan bisa hidup lagi. Tapi yang membuat bingung masak direset langsung hidup, trus tadi kenapa?.
Lanjut…….
Ternyata ini intinya, jadi tidak ada hubungannya dengan reset sistem injeksi hidupnya, itu kata mekanik selanjutnya setelah saya hubungi. Tapi ngepasi saja, di coil kan ada 2 kabel, yang satu kabel hitam dan yang satu lagi kabel kuning strip hijau (catatan kabel belum dimodif ya, soalnya repot kalau hapalkan kabel, intinya di koil ada 2 kabel dan salah satunya konslet atau ngeground). La pas belum direset, kabel yang berwarna hitam di koil ini ngeground atau konslet ke massa, tapi setelah direset kabel hitam tadi tidak ngeground ke massa, sehingga mau hidup. Intinya motor tersebut tidak mau hidup karena kabel hitam ngeground atau konslet ke massa. Jadi solusinya tinggal dikasih isolasi kabel hitamnya, beres.
Skema konslet kabel koil beat fi


Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah (Sragen) yang konsultasi ke Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion