Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mio J Tidak Bertenaga dan MIL Menyala


Mio J Tidak Bertenaga dan MIL Menyala

Problem
Motor Injeksi Yamaha Mio J keluhan tidak ada tenaga sama sekali, dan MIL (lampu tanda kerusakan injeksi menyala)
Solusi
Mekanik melakukan scanning, dan terbaca kode kerusakan sensor MAP, Air, TPS,EOT. Kemudian dilakukan reset, hanya 1 kode yang tidak bisa terhapus yaitu sensor MAP (Manifold Air Pressure) atau disebut juga barometer sensor.
Ada informasi tambahan, yang punya motor cerita kalau tiap sekitar 3 bulan ganti aki sampai 2x, dan ternyata akinya terdeteksi merek abal abal. Dan disarankan oleh bengkel sebelumya untuk ganti kiproknya, dan ternyata setelah ganti kiprok tetap sama saja tidak berubah. Justru setelah ganti, kata yang punya motor, malah ECU dan pompa bensin mati. Akhirnya ganti part tersebut dan sudah habis 1,5 juta kata pemilik motor. Kemudian baru di bawa ke bengkel yang sekarang.
Manifold Air Pressure atau sensor MAP jadi satu kesatuan dengan sensor MAQS. Terbukti data sensor barometer atau MAPnya pada data parameter scann keluar hanya 1 kpa, padahal harusnya minimal 34,8 kpa. Setelah ganti sensor MAQS kasus selesai.

Pent :
Prediksi ECU dan pompa kena saat kerusakan di bengkel sebelumnya, karena kemungkinan salah aki atau terbalik. Prediksi tinggal prediksi, bagaimana menurut anda?

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta