Mio J Tidak Bertenaga dan MIL Menyala
Mio
J Tidak Bertenaga dan MIL Menyala
Problem
Motor
Injeksi Yamaha Mio J keluhan tidak ada tenaga sama sekali, dan MIL
(lampu tanda kerusakan injeksi menyala)
Solusi
Mekanik
melakukan scanning, dan terbaca kode kerusakan sensor MAP, Air,
TPS,EOT. Kemudian dilakukan reset, hanya 1 kode yang tidak bisa
terhapus yaitu sensor MAP (Manifold Air Pressure) atau disebut juga
barometer sensor.
Ada
informasi tambahan, yang punya motor cerita kalau tiap sekitar 3
bulan ganti aki sampai 2x, dan ternyata akinya terdeteksi merek abal
abal. Dan disarankan oleh bengkel sebelumya untuk ganti kiproknya,
dan ternyata setelah ganti kiprok tetap sama saja tidak berubah.
Justru setelah ganti, kata yang punya motor, malah ECU dan pompa
bensin mati. Akhirnya ganti part tersebut dan sudah habis 1,5 juta
kata pemilik motor. Kemudian baru di bawa ke bengkel yang sekarang.
Manifold
Air Pressure atau sensor MAP jadi satu kesatuan dengan sensor MAQS.
Terbukti data sensor barometer atau MAPnya pada data parameter scann
keluar hanya 1 kpa, padahal harusnya minimal 34,8 kpa. Setelah ganti
sensor MAQS kasus selesai.
Pent
:
Prediksi
ECU dan pompa kena saat kerusakan di bengkel sebelumnya, karena
kemungkinan salah aki atau terbalik. Prediksi tinggal prediksi,
bagaimana menurut anda?
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta