Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mio j distarter hidup, Tapi Mati Lagi Dan Ada Suara Cetik-Cetik


Mio j distarter hidup, Tapi Mati Lagi Dan Ada Suara Cetik-Cetik

Problem
Ada teman konsultasi ke saya (Auto Champion Training Centre). Akh afwan (maaf) mau tanya motor ana (Saya) tak starter hidup trus mati. Kemudian distarter hidup lagi, trus mati lagi, kemudian distarter lagi tidak mau. Hanya bunyi cetik-cetik, motornya Yamaha Mio J.
Solusi
Teman saya tersebut bukan mekanik, tapi sepertinya bisa utak atik motor, jadi intsruksinya agak berbeda ketika saya menghadapi mekanik motor. Ada beberapa instruksi, yaitu bisa akinya soak atau drop, tapi katanya aki barusan ganti, meski begitu ada kemungkinan juga drop karena teman saya tersebut lakukan start dengan elektrik starter terus menerus.
Jadi langkah pertamanya adalah mengecas aki. Ternyata setelah dicas akinya tetap tidak mau hidup jika dielektrik starter. Tapi jika dikick starter, mau hidup saya yakin. Kemudian saat saya hubungi ternyata sudah bongkar kulbuster, dan kulbosternya habis, setelah diganti beres. Tapi nyoldernya bukan teman saya sendiri karena tidak punya solder dengan watt besar. Oya nama lain kulboster ini adalah cool booster dinamo atau kol arang starter, mungkin beda mekanik atau beda tempat ada nama lain lagi.
arang starter
sumber gambar bukalapak
Ada beberapa catatan penting terkait kasus ini :
  1. Mio J tidak ada capasitor banknya, jadi kalo aki soak tidak bisa dielektrik starter maupun dikick starter.
  2. Bunyi elektrik starter cetik cetik itu bisa terjadi karena arus aki hanya mampu gerakkan relay starter saja karena sudah drop akinya. Tapi setelah aki dices dan dikick starter bisa, dan dielektrik starter masih cetik-cetik, baru curiga cool boosternya.
  3. Bunyi cetik cetik ada beberapa kasus mungkin terjadi, seperti tadi cool bosternya atau arang dinamo starter rusak, kemudian bisa hanya karena akinya drop, bisa karena sistem pengisiannya meliputi kiprok, atau spull pengisian yang rusak sehingga aki tidak dapat suplay arus dengan baik, dan termasuk kabel kabel-kabel yang berhubungan dengaan sistem pengapian atau motor stater ada yang bermasalah. Yang paling sepele adalah hanya kabel aki kendor.
Referensi
Konsultasi kerusakan motor dari Teman Saya, Wahyu, redaksi majalah Islam di Jogja.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/YogyakartaReferensi