Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Honda Blade FI Boros BBM


Honda Blade FI Boros BBM

Problem
Motor honda Blade Fuel injeksion dengan keluhan rpm naik turun atau jarum rpm indikatornya mengayun. Selain itu boros bahan bakar dan keluar asap hitam pekat dari knalpot.
Solusi
Mekanik motor melakukan pengecekan tekanan bahan bakar terbaca 43 psi, itu normal. Kemudian langkah selanjutya mekanik membersihkan injector, throtle body dan lakukan servis ringan. Tapi hasilnya belum ada perubahan. Sekalian lakukan ganti filter pompa injeksi karena kebetulan filter sangat kotor sekalli, terlihat di bacaan scanner parameter masih kacau tidak sesuai standart, debit injector yang seharusnya 3ml/s kebawah terbaca 5ml/s. Pembacaan O2 sensor menyentuh angka 1 posisi idle, normalnya 0,2-0,9 tetap relatif normal berarti. Setelah memastikan sistem injeksi tidak masalah tapi penyakit belum normal. Akhirnya terakhir cek mesinnya, saat buka ruang bakar ternyata klepnya bocor, pada payung klep mengalami keausan. Kemudian ganti klep dan skir klep kasus selesai dan motor normal kembali.
skir klep, skur klep


Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta