Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Beat ESP Tidak Bisa Langsam dan Mudah Mati

Honda Beat ESP Tidak Bisa Langsam dan Mudah Mati
Problem
Motor injeksi Honda Beat ESP Mlepek mati. Padahal tenanan bahan bakar atau tekanan injektornya normal. Kompresi juga normal, tapi susah hidup mlepek (seperti kebanyakan bensin), tapi kalau mau hidup gampang mati dan setelah itu hidupnya susah. Soket padahal sudah kenceng. Adapun dicoba terpisah tanpa sistem injeksi atau dengan infuse, sama saja tetap problemnya seperti itu.
Solusi
Cek dengan scanner injeksi. Didapat data bukaan injektor terlalu tinggi. Jika melihat data di scanner durasi injektor sebelumnya 8 lebih ml/s kondisi motor tidak mau langsam. Kemudian dilakukan pembersihan injektor dan kalibrasi. Setelah injector dibersihkan ada pengaruh, semprotan injektor jadi turun 2,9ml/s. Akan tetapi masih ada kendala motor saat langsam kadang cegukan, selain itu saat digas dihentak, terasa nyendat. Kecurigaan pada busi, cop busi dan coil pengapian/koil pengapian. Hasil pengukuran cop busi 5 kilo ohm relatif bagus. Kemudian ukur koil pengapian tahanan primer 2,3 ohm dan tahanan sekunder relatif normal. Kecurigaan mengarah ke businya, setelah diganti busi, injeksi mau langsam kembali, enak dan gas kembali lancar dihentak.
Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta