Yamaha New Vixion Advance Mbrebet dan Akhirnya Mogok
Yamaha
New Vixion Advance
Mbrebet dan Akhirnya Mogok
Problem
Motor
Yamaha New Vixion Advance
mbrebet, kemudian
dibawa
ke dealer. Setelah
4
hari dari
dealer dibawa pulang,
masih mbrebet tapi berkurang. Selang
beberapa hari mogok lagi,
akhirnya
dibawa
ke bengkel terdekat tapi
bengkel tidak
punya alat scanner. Kemudian
cek sebisanya.
Cek
lampu MIL
kunci
kontak
on saja, normal, tapi
begitu di crank (stater) lampu MIL
hanya nyala saja tidak
ada kedipan. Kemudian
cek pengapian, api
ada. Adapun
Injector
mengeluarkan bbm hanya 2 detik setelah crank (starter),
setelah
itu tidak mengeluarkan lagi bbm di injectornya, padahal tekanan
bbmnya normal 47psi. Akhirnya
dibawa ke bengkel injeksi
Syarif (kontributor Auto Champion) dalam kondisi semrawut kabelnya.
Setelah
discan
keluar 10 kode kerusakan, Vehicle speed sensor,lean angel sensor,
sistem
power suplay, injector...hampir semua kode kerusakan muncul....posisi
kabel semua sudah semrawut (acak-acakan)
Solusi
Mekanik cek kabelnya dan mengembalikan ke posisi semula, kemudian mekanik melakukan reset berhadil, hanya yang belum bisa kehapus 1 itu eeprom. Eeprom itu kepanjanganya Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory, berfungsi untuk mengkonfigurasi data (dia berupa chip), dan data tersebut tidak akan hilang walaupun accu tekor, accu dicabut, atau ecu dicabut selama bertahun tahun. Perlu diketahui jika pembacaan eeprom salah ini muncul dalam jangka panjang, diantara gejala awal dia akan memotong suplay bbm, kemudian jangka panjangnya dia akan mematikan semua sistem kinerja sistem injeksi. Fokus lagi ke msalah, kemudian mekanik klik reset lagi baru bisa menyala. Jadi intinya terlalu banyak kode kerusakan tersimpan maka akan menimbulkan pembacaan eeprom yg salah. Reset dan hanya reset tapi dengan alat scann injeksi yang selalu update dengan motor-motor terbaru klik Scanner injeksi universal.
Mekanik cek kabelnya dan mengembalikan ke posisi semula, kemudian mekanik melakukan reset berhadil, hanya yang belum bisa kehapus 1 itu eeprom. Eeprom itu kepanjanganya Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory, berfungsi untuk mengkonfigurasi data (dia berupa chip), dan data tersebut tidak akan hilang walaupun accu tekor, accu dicabut, atau ecu dicabut selama bertahun tahun. Perlu diketahui jika pembacaan eeprom salah ini muncul dalam jangka panjang, diantara gejala awal dia akan memotong suplay bbm, kemudian jangka panjangnya dia akan mematikan semua sistem kinerja sistem injeksi. Fokus lagi ke msalah, kemudian mekanik klik reset lagi baru bisa menyala. Jadi intinya terlalu banyak kode kerusakan tersimpan maka akan menimbulkan pembacaan eeprom yg salah. Reset dan hanya reset tapi dengan alat scann injeksi yang selalu update dengan motor-motor terbaru klik Scanner injeksi universal.
Referensi
Bengkel
motor injeksi, kontributor Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto
Champion, sudah discreening instruktur ahli Auto Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta