Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha New Vixion Advance Mbrebet dan Akhirnya Mogok




Yamaha New Vixion Advance Mbrebet dan Akhirnya Mogok
Problem
Motor Yamaha New Vixion Advance mbrebet, kemudian dibawa ke dealer. Setelah 4 hari dari dealer dibawa pulang, masih mbrebet tapi berkurang. Selang beberapa hari mogok lagi, akhirnya dibawa ke bengkel terdekat tapi bengkel tidak punya alat scanner. Kemudian cek sebisanya. Cek lampu MIL kunci kontak on saja, normal, tapi begitu di crank (stater) lampu MIL hanya nyala saja tidak ada kedipan. Kemudian cek pengapian, api ada. Adapun Injector mengeluarkan bbm hanya 2 detik setelah crank (starter), setelah itu tidak mengeluarkan lagi bbm di injectornya, padahal tekanan bbmnya normal 47psi. Akhirnya dibawa ke bengkel injeksi Syarif (kontributor Auto Champion) dalam kondisi semrawut kabelnya. Setelah discan keluar 10 kode kerusakan, Vehicle speed sensor,lean angel sensor, sistem power suplay, injector...hampir semua kode kerusakan muncul....posisi kabel semua sudah semrawut (acak-acakan)
Solusi
Mekanik cek kabelnya dan mengembalikan ke posisi semula, kemudian mekanik melakukan reset berhadil, hanya yang belum bisa kehapus 1 itu eeprom. Eeprom itu kepanjanganya Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory, berfungsi untuk mengkonfigurasi data (dia berupa chip), dan data tersebut tidak akan hilang walaupun accu tekor, accu dicabut, atau ecu dicabut selama bertahun tahun. Perlu diketahui jika pembacaan eeprom salah ini muncul dalam jangka panjang, diantara gejala awal dia akan memotong suplay bbm, kemudian jangka panjangnya dia akan mematikan semua sistem kinerja sistem injeksi. Fokus lagi ke msalah, kemudian mekanik klik reset lagi baru bisa menyala. Jadi intinya terlalu banyak kode kerusakan tersimpan maka akan menimbulkan pembacaan eeprom yg salah. Reset dan hanya reset tapi dengan alat scann injeksi yang selalu update dengan motor-motor terbaru klik Scanner injeksi universal.


Referensi
Bengkel motor injeksi, kontributor Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, sudah discreening instruktur ahli Auto Champion.

Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta