Yamaha Mio j Mati Sendiri dan Digas rpm Maximal 6000
Yamaha
Mio j Mati Sendiri dan Digas rpm Maximal 6000
Problem
Yamaha
Mio J kadang motor mati sendiri, kemudian digas rpm tidak mau naik,
dalam arti maximal hanya sekitar angka 6000 rpm. MIL tidak muncul
kode kerusakan. Lihat pada parameter sudut bukaan gasnya, posisi gas
sama sekali tidak disentuh, tapi voltase berubah-ubah. Saat di buka
halaman selanjutnya datang hilang, kemudian dibalikkan lagi datanya
hilang semua. Seakan-akan alat Scann injeksi yang rusak, padahal
bukan.
Solusi
Penyebabya adalah terjadi kebocoran gelombang electromagnetic yang disebabkan sistem pengapian, sehingga menggangu sistem injeksi atau mengganggu kinerja ECU. Diantaranya bisa disebabkan Koil motor imitasi, cop busi imitasi atau sudah rusak. Bisa juga kode busi yang tidak sesuai atau tidak ada kode resistansinya, yaitu ditandai dengan kode R pada busi. Ini kasusnya berulang ulang kali dan sering terjadi di semua mio injeksi series. Makanya mekanik stok koil cop busi banyak.
Referensi
Penyebabya adalah terjadi kebocoran gelombang electromagnetic yang disebabkan sistem pengapian, sehingga menggangu sistem injeksi atau mengganggu kinerja ECU. Diantaranya bisa disebabkan Koil motor imitasi, cop busi imitasi atau sudah rusak. Bisa juga kode busi yang tidak sesuai atau tidak ada kode resistansinya, yaitu ditandai dengan kode R pada busi. Ini kasusnya berulang ulang kali dan sering terjadi di semua mio injeksi series. Makanya mekanik stok koil cop busi banyak.
Referensi
Bengkel
motor injeksi kontributor Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto
Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta