Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha Mio j Mati Sendiri dan Digas rpm Maximal 6000


Yamaha Mio j Mati Sendiri dan Digas rpm Maximal 6000

Problem
Yamaha Mio J kadang motor mati sendiri, kemudian digas rpm tidak mau naik, dalam arti maximal hanya sekitar angka 6000 rpm. MIL tidak muncul kode kerusakan. Lihat pada parameter sudut bukaan gasnya, posisi gas sama sekali tidak disentuh, tapi voltase berubah-ubah. Saat di buka halaman selanjutnya datang hilang, kemudian dibalikkan lagi datanya hilang semua. Seakan-akan alat Scann injeksi yang rusak, padahal bukan.
Solusi

Penyebabya adalah terjadi kebocoran gelombang electromagnetic yang disebabkan sistem pengapian, sehingga menggangu sistem injeksi atau mengganggu kinerja ECU. Diantaranya bisa disebabkan Koil motor imitasi, cop busi imitasi atau sudah rusak. Bisa juga kode busi yang tidak sesuai atau tidak ada kode resistansinya, yaitu ditandai dengan kode R pada busi. Ini kasusnya berulang ulang kali dan sering terjadi di semua mio injeksi series. Makanya mekanik stok koil cop busi banyak.

Referensi
Bengkel motor injeksi kontributor Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto Champion.

Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta