Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Vario Techno 125 esp Tidak Bisa Dielektrik Starter

Vario Techno 125 esp Tidak Bisa Dielektrik Starter
Problem
Bengkel injeksi Pacitan Jawa Timur ada kasus Honda Vario Techno 125 tidak mau di starter tangan atau elektrik starter. Adapun di kik starter bisa. Relay dan aki sudah ganti, tombol starter juga sudah padahal. Sehingga kontak Auto Champion Training Center untuk konsultasi teknis.
Solusi
Saya kasih saran sekering sudah dicek belum?. Berikutnya dibersihkan sistem yang terkait. Cek jalur arus masuk ke kunci kontak yang dari ECM. Atau gambaran mudahnya cek semua sistem dengan wiring diagram dengan dirunut dan cek komponennya. Satu tanda yang mencurigakan saat di start “ magnit hanya bisa gerak sedikit, tapi tidak bisa muter”. Sudah mulai mengerucut. Mengerucut ke ECU atau Spul setnya. Tapi berdasarkan pengalaman lebih berat ke Spull setnya. Setelah diganti spullnya masalah beres.
Saya layani konsultasi kerusakan motor injeksi tersebut dengan musyawarah dengan teman tidak saya sendiri, maklum kadang by sms ada sisi kesulitan tersendiri karena barang tidak di tempat. Adapun pengalaman saya pribadi pernah temui kasus semisal itu hanya ganti aki. Tapi kalo itu sampai ganti spul.
spul vario techno
sumber gambar bukalapak

Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta