Problem Kelistrikan Sepele Bikin Bingung
Problem
Kelistrikan Sepele Bikin Bingung
Jadi
Mekanik Motor dituntut menguasai seputar mesin, chasis dan
kelistrikan, termasuk sistem injeksi. Jangan sampai mengatasi
kerusakan sepele terkait kelistrikan yang seharusnya bisa
diselesaikan dengan cepat oleh seorang mekanik malah tidak ketemu
atau lama temukan masalah, sehingga waktu perbaikan jadi panjang dan
lama. Berikut ini kita beri contoh 2 kasus sepele tapi ternyata ada
diantara mekanik yang gagal perbaikan sehingga konsumen harus pindah
bengkel.
Kasus
1 (saklar kunci rahasia rusak, saklar harga murahan)
Tetangga
saya punya motor Suzuki Smash, kasus macet tidak bisa hidup. Katanya
sudah dibawa ke dealer, tapi belum ketemu. Akhirnya dibawa lagi ke
bengkel lain, akhirnya ketemu. Masalahnya hanya saklar kunci rahasia
yang rusak, sehingga motor mati terus dan susah dihidupkan karena
saklar kunci rahasianya tidak bekerja baik di Onkan atau Di Offkan
tidak ada beda. Masalah tersebut beres hanya dengan dilepas kunci
rahasianya dan distantarkan tanpa kunci rahasia, atau diganti saklar
lagi.
Kasus
2 (stop engine/ engine cut ada jalur kabel putus)
New
Vixion 2016 (motor Injeksi) mogok. Kasusnya sederhana pengapian trouble, jelas tidak
ada percikan api di busi. Karena motor injeksi ada alat scanner yang bisa deteksi detail parameter, colok saja (pent-hanya dengan
multitester sebenarnya kasus tersebut bisa), setelah dicek nampak gamblang jelas
terdeteksi voltase 0, artinya tidak ada arus yang masuk ke ECU.
Setelah dicek hanya masalah sepele, engine cut atau engine stopnya
stop engine putus, setelah disambung normal lagi. Posisi engine stop
di sebelah kanan stang.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta