Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Problem Kelistrikan Sepele Bikin Bingung


Problem Kelistrikan Sepele Bikin Bingung

Jadi Mekanik Motor dituntut menguasai seputar mesin, chasis dan kelistrikan, termasuk sistem injeksi. Jangan sampai mengatasi kerusakan sepele terkait kelistrikan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat oleh seorang mekanik malah tidak ketemu atau lama temukan masalah, sehingga waktu perbaikan jadi panjang dan lama. Berikut ini kita beri contoh 2 kasus sepele tapi ternyata ada diantara mekanik yang gagal perbaikan sehingga konsumen harus pindah bengkel.
Kasus 1 (saklar kunci rahasia rusak, saklar harga murahan)
Tetangga saya punya motor Suzuki Smash, kasus macet tidak bisa hidup. Katanya sudah dibawa ke dealer, tapi belum ketemu. Akhirnya dibawa lagi ke bengkel lain, akhirnya ketemu. Masalahnya hanya saklar kunci rahasia yang rusak, sehingga motor mati terus dan susah dihidupkan karena saklar kunci rahasianya tidak bekerja baik di Onkan atau Di Offkan tidak ada beda. Masalah tersebut beres hanya dengan dilepas kunci rahasianya dan distantarkan tanpa kunci rahasia, atau diganti saklar lagi.
Kasus 2 (stop engine/ engine cut ada jalur kabel putus)
New Vixion 2016 (motor Injeksi) mogok. Kasusnya sederhana pengapian trouble, jelas tidak ada percikan api di busi. Karena motor injeksi ada alat scanner yang bisa deteksi detail parameter, colok saja (pent-hanya dengan multitester sebenarnya kasus tersebut bisa), setelah dicek nampak gamblang jelas terdeteksi voltase 0, artinya tidak ada arus yang masuk ke ECU. Setelah dicek hanya masalah sepele, engine cut atau engine stopnya stop engine putus, setelah disambung normal lagi. Posisi engine stop di sebelah kanan stang.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta