Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Manfaat Menunaikan Janji

Manfaat Menunaikan Janji
Prinsip yang penting dimiliki oleh pebisnis atau pengusaha diantaranya menunaikan janji. Apalagi dia bergerak di bidang jasa, maka usahanya akan cepat tutup jika tidak menepati janji. Seseorang yang terkenal tidak tepat janji, di dunia dia akan sengsara, orang tidak akan percaya lagi denganya, karena tidak menepati janji termasuk pendusta. Selain itu, tidak ada yang mau berurusan bisnis denganya dan akan sempit kehidupannya. Belum urusan di akherat akan mendapatkan siksa jika tidak segera bertaubat.
Oleh karena itu, perhatikan sebagian manfaat yang akan diperoleh bagi orang yang menepati janjinya :
Akan dibantu Allah Melunasi Hutang
Niat dan upaya kuat akan mendatangkan pertolongan untuk bisa menepati janji, termasuk membayar hutang. Islam sangat mendukung umatnya untuk tepat janji. Seseorang yang berusaha untuk tepat janji dan berupaya menepatinya akan dibantu Allah subhanahu wata’ala untuk bisa menepati janjinya. Ingat ya yang membantu Allah subhanahu wata’ala.
Perhatikan hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam terkait hutang, hutang sebagaimana janji juga, jika kita berusaha menunaikanya, Allah akan membantu kita.
Barang siapa yang mengambil harta manusia dalam keadaan ingin menunaikannya niscaya Allah akan (memudahkan untuk) menunaikannya. Dan barang siapa mengambilnya dalam keadaan ingin merusaknya, niscaya Allah akan melenyapkannya”
(HR. ahmad, Al-Bukhari dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, lihat Faidhul Qadhir,6/54)
Surga Firdaus Bagi Yang Menepati Janji
Penghuni surga tersebut adalah orang orang yang memiliki sekian sifat kebaikan, salah satu sifat penghuninya adalah menepati janji. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman :
Dan orang orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.” (Al-Mu’min:8)
Dijauhkan dari sifat orang kafir yang biasa menyelisihi janji
Allah berfirman : “sesungguhnya binatang (mahluk) yang palling buruk di sisi allah ialah orang-orang kafir, karena mereka itu tidak beriman. (yaitu) orang-orang yang kamu telah mengambil pernjanjian dari mereka, sesudah itu mereka menghianati janjinya pada setiap kalinya dan mereka tidak takut (akibat-akibatnya).” (Al-Anfal: 55-56)
Mendapatkan Kebahagiaan di Dunia
Dia akan dikenal dengan sifat yang mulia menepati janji, urusanya menjadi mudah.

Walaupun besar keutamaan menepati janji, ada saja orang yang justru mengambil sifat kehinaan pada dirinya dengan tidak menepati janji. Bahkan lisanya ringan mengucapkan ucapan janji tanpa berniat menunaikannya. Semoga kita terhindar dari sifat tidak menepati janji, dan dimudahkan untuk selalu menepati janji janji kita. Dan semoga artikel ini penyemangat bagi siapa saja untuk selalu menepati janji, dan menjadi momentum untuk segera bertaubat dan kembali menepati janji jika sebelumnya terbiasa tidak tepat janji.

Referensi
http://salafy.or.id/blog/2007/10/06/menepati-janji/

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta