Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Ajarkan Keyakinan Tentang Rezeki Sejak Dini

Ajarkan Keyakinan Tentang Rezeki Sejak Dini
sumber gambar : asysyariah.com
Keyakinan soal urusan rezeki harus diajarkan sejak kecil. Berapa banyak orang yang sudah besar bahkan sudah sampai tahap sepuh (tua) hatinya diliputi kekhawatiran soal rezeki. Sampai-sampai ada keyakinan cari yang haram saja susah apalagi yang halal, ini adalah keyakinan yang salah. Diantara mainset yang keliru adalah terbiasanya bergantung kepada manusia atau diri sendiri, karena merasa dirinya pintar sehingga menyandarkan segalanya pada dirinya sendiri.
Cara menanamkan kepada anak bisa diceritakan tentang kondisi generasi terbaik umat Islam tentang keyakinan mereka soal rezeki. Dalam satu sesi pelajaran pembahasan kitab Muqaddimah Al-Risalah Ibn Abi Zayd al-Qayrawani, ustad Abu Hamzah Kaswa mengatakan kurang lebihnya, “Perkara rezeki jangan menjadikan sesuatu yang membuat kita gelisah, sebagian salafunassholih (generasi awal terbaik yang sholih) mengatakan, kami tidak gelisah dengan sesuatu yang Allah Subhanahu Wata’ala tetapkan, pasti akan sampai kepada kami sampai sempurna nikmat tersebut, karena dengan sempurnanya nikmat datanglah ajal, yang kami gelisahkan yang kami kawatirkan, terkait bagaimana keadaan kami, yakni akhir dari kehidupan kami, apakah di atas amal sholih atau tidak, ini semua karena mereka beriman dengan apa yang di bawa oleh Rosulullah Sholallahu Alaihi wassallam”. Terpenting manusia berusaha dan mengambil sebab urusan rezeki yang sudah disyaritakan oleh Allah Subhanahu Wata’alaa.
Termasuk bisa diajarkan yaitu dengan mengajak anak ke pasar, misal ada penjual sayuran yang sama berjejer berjualan. Katakan kepada anak bahwasanya yang membagi Rezeki penjual sayur tersebut adalah Allah Subhanahu Wata’aala, urusan persaingan walau jualanya berjejer dan produk sama bukan masalah, rezeki tidak salah alamat. Begitu pula mereka sudah tepat mengambil sebab yaitu berjualan sayur di pasar tempat orang mencari barang. Ilustrasi sederhana akan tetapi jika ditanamkan sejak kecil akan membentuk karakter mereka soal rezeki. Mereka tidak akan berpikir mengambil hak orang lain dan ridho dengan pemberian dari Allah. Jangan remehkan pendidikan di waktu kecil akan memberikan pengaruh yang besar dalam perjalanan hidup mereka.

Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta