Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio Sporty Gas Tidak Stabil

Mio Sporty Gas Tidak Stabil
Problem
Beberapa hari pemilik Mio Sporty (teman Bapak Saya), mengalami problem putaran gasnya, itu terjadi pada putaran stasioner, begitu pula saat dilepas gasnya tetap ngegas gak langsung turun rpmnya, berbagai putaran berpotensi tidak stabil jika masalah belum ketemu.
Solusi
Pemilik motor (teman Bapak Saya) dibantu temanya otak atik Motor yamaha Mio Sporty tidak ketemu-ketemu problemnya. Perbaikan hanya cenderung difokuskan ke karburator. Qodarullah Bapak saya kebetulan pas di situ, beliau sudah sepuh, tapi paham mesin karena lama sebagai pemilik bengkel mobil, meskipun stroke, bisa memberikan advice. Begitu mendengar suara mesin hidup tidak normal, bapak langsung mengatakan, itu ada angin palsu (istilah gampang untuk kebocoran angin di sistem bahan bakar). Bapak menyarankan manifold intake atau leher angsanya di cek goyang tidak, ternyata goyang-goyang, itu tanda kurang kencang dan penyebab angin udara luar bisa masuk dan mengganggu sistem kerja mesin. Pastikan dikencangkan itu dulu baru lainya, saran Bapak Saya.
Lanjut perbaikan leher angsa atau manifoldnya yang kurang kencang. Ternyata masalah kedua lubang drat bautnya dol, akhirnya biar mau mempet bapak menyarankan kedua baut manifold dikasih ring. Mengapa kok dikasih ring bautnya?, ya itu tips mekanik motor, perlu dicoba, karena terkadang lubang drat baut bagian bawah sudah dol, tapi bagian atas dikit masih bagus, sehingga kalo baut dikasih ring, mau ngikat lubang drat bagian atas tadi. Setelah baut dikasih ring, dan leher angsa atau manifold intake kencang, mesin hidup lancar dan tinggal stel anggin masalah beres dan motor normal.
Kasus kerusakan motor ini kategori ringan, tapi karena itu satu satunya motor untuk alat transportasi, bermakna sekali solusinya. Pemilik motor sangat senang dan puas dengan saran bapak walaupun tidak ikut nyentuh motor karena sakit stroke.

Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta