Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Jangan Tinggalkan Generasi Lemah

Jangan Tinggalkan Generasi Lemah

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaknya mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

Ayat Al-Qur’an tersebut inspirasi untuk tidak meninggalkan generasi yang lemah

Anak dan cucu kita akan menghadapi jaman yang lebih rusak dan berat tantangan hidupnya dibandingkan kita. Setelah aspek agama yang meliputi aqidah, akhlak dan ilmu kebaikan lainya agar membentuk karakter yang baik, konsep kemandirian juga perlu ditanamkan kepada generasi kita. Generasi terbaik umat ini sungguh menjadi teladan akan aspek kemandirian. Jika kita membuka lembaran sejarah Islam yang akurat, generasi sahabat Nabi Muhammad dan yang mengikutinya dengan baik, adalah orang orang yang kuat agamanya, selain kuat agamanya mereka juga tokoh-tokoh yang mempersiapkan generasi selanjutnya menjadi pemimpin dan generasi yang kuat, tidak sekedar pemimpin tapi penopang. Baik pemimpin atau penopang untuk dirinya sendiri, keluarganya, masyarakatnya, bahkan negara, dunia dan umat secara umum.
Generasi terbaik Islam ini, bisa menjadikan sebuah daerah atau negara yang dikuasainya terang benderang dan bercahaya dengan keadilan, ini disepakati oleh setiap mata yang memandang dan mengikuti jejak atau atsar mereka dengan hati adil dan bersih. Mereka bisa membuat negara yang kuat, membangun kota, membuat sistem perekonomian yang kokoh dan bersih dari riba, kedzoliman, kemaksiatan dan praktik ekonomi yang menyimpang. Bahkan jika kita melihat jejak peradaban mereka selain agamanya kuat, banyak ahli yang terlahir dari pendidikan mereka, ahli militer, ahli bangunan, ilmuwan, ahli diplomasi, konseptor yang ilmunya sebagai pijakan untuk dikembangkan di bidang teknologi modern atau masa depan, dan berbagai keahlian lainya yang lahir dari pendidikan Islam generasi terbaik umat ini. Dalam kondisi begitu besarnya kontribusi mereka terhadap kebaikan dan kemajuan dunia, namun kecondongan hati mereka adalah akherat.

Sebagai penutup kita kutipkan Ucapan Sufyan Ats-Stauri semoga Allah merahmatinya, "Siapa saja yang memiliki harta benda, Hendaklah dia mengembangkanya dengan baik karena ini adalah suatu masa yang apabila manusia didera oleh kebutuhan, sesuatu yang pertama kali dia korbankan adalah agamanya" kutipan diambil dari Assyariah.com klik link artikel aslinya " Urgensi Harta Dan Kesehatan Dalam Membentengi Agama". Semoga anda juga terinspirasi agar tidak meninggalkan generasi yang lemah.

Terima kasih


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta