CB 150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah
CB
150 R Jalan 1 KM Brebet Kemudian Mati, Dihidupkan Lagi Susah
Problem
Pelanggan
barusan
beli CB150R old second (bekas)
dengan
keluhan jika
dibuat jalan
1 km mesin brebet, kemudian mati, dan untuk dihidupkan kembali
susahnya minta ampun. Pada
saat
mesin brebet indikator di speedo meter kedap-kedip. Ditunggu beberapa
menit mesin baru
bisa
dihidupkan, tapi
jarak yang
ditempuh semakin pendek kemudian terjadi gejala seperti
yang
diterangkan
di atas.
Solusi
Kemudian
di bawa ke bengkel katanya akinya. Setelah
akinya ganti (tapi
tidak
sesuai spesifikasi, aki yg digunakan aki tipe MF GTZ5S merek
GS yang
amperenya cuma 3,5 A sedangkan akinya asli
CB150R MF GTZ6V yang
amperenya 5,3A). Kemudian dibawalah motor tersebut
ke bengkel Injeksi
Wahyu Motor Sidoarjo.
Setelah
mendengar cerita dari
pemiliknya
disimpulkan
bahwa sistem pengisian tidak
bekerja dengan
semestinya. Karena
di CB150R old terdapat capasitor bank yang
dapat
mengcover kebutuhan listrik di saat aki sudah
tidak
bisa
bekerja dengan
baik (soak). Sehingga
harusnya
motor dapat
hidup normal meskipun aki rusak atau bahkan tanpa aki.
Langkah
berikutnya……...
Langkah
1 aki
dicas,
setelah penuh motor bisa
dihidupkan. Nah
pada
saat hidup ini langsung mekanik
cek sistem pengisianya pakai AVO meter dan ternyata pada
saat kecepatan stasioner voltase cenderung turun, tapi
begitu
tuas gas di tarik sedikit kira-kira
pada
posisi 3000 rpm baru
ada pengisian. Kemudian cek kiprok lalu urut lagi
kabel-kabelnya
dan ternyata soket kabel dari
sepul terbakar, hal ini memang
sering terjadi pada
CB150R old. Setelah
soket dimodifilasi
pakai terminal
listrik yang
kabelnya dijepit menggunakan baut, dan
soket
sudah
diperbaiki dan kabel sudah
tidak
panas lagi,
dicoba lagi, tapi
hasilnya nihil.
Kemudian Mekanik
coba bongkar spulnya dan ternyata spulnya terbakar, setelah diskusi
dgn pemilik akhirnya digulung ulang. Setelah sepul digulung ulang dan
sdh terpasang ternyata hanya bertahan 1 minggu dan sepul terbakar
lagi, kemudian mekanik
komplainkan
ke bengkel dimamo dan mereka mau munggulung ulang, setelah terpasang
lagi
ternyata hanya
bertahan 1jam dan sepul terbakar lagi
(menggulung spull ulang sangat tidak disarankan instruktur Auto
Champion).
Dengan
kejadian tersebut
sang pemilik minta sepulnya minta diganti yang
assy (komplit)
dan orisinil
(harga 430rb). Setelah
terpasang mekanik
tidak
berani langsung menghidupkan mesin terlebih dahulu. Mekanik
berfikir
kalo
dihidupkan
langsung, kalo
terbakar
spulnya
lagi
bagaimana?.
Akhirnya
mekanik
berpkir
masa akinya yang
tidak
sesuai spesifikasi, soalnya head lamp menggunakan lampu tipe H4
dengan
watt 55-65 dan begitu kontak ON lampu langsung nyala, jadi
arus aki cepat
terkuras dan sistem pengisian bekerja lebih extra.
Saran
mekanik kepada pemilik
adalah
akinya diganti saja
sesuai spek, dan orangnya setuju bahkan dia juga
minta kipronya sekalian
(harganya 200an) diganti takutnya komponen di dalam
kiprok terjadi konsleting. Setelah semua terpasang
mekanik
langsung hidupkan mesin dan ukur pengisiannya, voltase yang
masuk di rpm 3000 adalah14.66v
kalo
stasianer 13.45V.
Selesai sudah
troublenya dan pelanggan pun puas meskipun mengeluarkan biaya yang
tdk sedikit.
Referensi
:
Kasus
bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto
Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta