Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Solusi Oli Gardan Hitam Dan Ada Gramnya

Solusi Oli Gardan Hitam Dan Ada Gramnya
Belum lama sohib saya mas Agus komplain terkait motor Honda varionya yang belum lama ganti oli gardan (ternyata oli mesin) tapi warnanya hitam dan ada glitter atau gramnya (maklum soalnya beliau merasa servis rutin). Saya penasaran kok bisa hitam dan ada gram atau glitternya terus bagaimana kondisi gear dan lakernya?. Itu dia yang mas Agus khawatirkan, soalnya selain temuan saat tap oli gardan matiknya hitam dan ada gramnya, suara juga beliau rasakan ada kasarnya, saya kurang paham persis cuma arahnya pada area gardan atau gear boxnya. 
Diskusi terus berlanjut karena akhirnya mas Agus Browsing dan ketemu artikelnya mas Lukmanul Hakim dengan judul “Oli gardan MotorMatik Ternyata Oli Mesin”. Jadi intinya dari artikel Lukmanul Hakim yang bisa saya tangkap, oli mesin matik SJ 20W-40 JASO MB dan oli gearnya juga sama menggunakan oli mesin SG 20W-40 JASO MB, baik grade SJ atau SG itu semua grade oli mesin bukan oli khusus gear. Jelas sudah, spek oli mesin dipakai di gardan juga, hanya kemasan saja beda. Sehingga jika ingin gardan awet, dan tidak usah buka gearbox karena urusan ganti laker yang rusak dan ingin memperpanjang umur gear dan lakernya, jangan isi dengan oli mesin (oli gear kemasan tapi spek oli mesin, meski terkesan dikemas resmi). Lukmanul Hakim merekomendasikan kemudahan salah satunya dengan beli oli kusus gear scooter merek Castrol spesifikasi API GL-5 SAE 80W-90 dan terbukti tidak menghasilkan glitter atau gram saat ditap olinya, sudah dikemas khusus untuk gear matik juga. Pent: saya bukan iklan castrol itu hanya salah satu saja, ada oli lain juga yang cocok dan direkomendasikan berbagai kalangan asal kriteria nilai cocok untuk oli gear matik, dan tidak menghasilkan gram/glitter dan karakter oli bagus pakai saja menurut saya.
oli gear matik
Sedikit tambahan agar gardan/komponen gearbox aman :
  1. Jangan gunakan oli mesin, tapi oli gear dengan spek yang benar, lihat grade oli dan SAE dengan benar. Jangan termakan iklan ditulis Oli Gear padal spek oli mesin. Selain itu ambil pengalaman dari orang yang sudah aplikasi oli gear yang tidak menghasilkan gram dan terbukti.
  2. Cek selang pernafasan gear box jangan sampai bocor sehingga rawan kemasukan air, jika kemasukan air, akan merusak laker dan komponen di gear box.
  3. Manfaatkan servis rutin untuk pengecekan oli gear, jika masih kondisi bagus tuang lagi saja.
  4. Jika sudah terlajur rusak atau berisik bagian gear box, bongkar dan ganti lakernya jika gear masih bagus, dan ganti oli dengan Grade dan SAE yang cocok untuk gear matik, jangan oli gear ternyata spek oli mesin.
Jika ada kesalahan koreksi saja saya, amanahilmiah@yahoo.co.id


Terima kasih


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta