Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Jumper Kelistrikan Pompa Injeksi Agar Tidak Ganti ECU

Jumper Kelistrikan Pompa Injeksi Agar Tidak Ganti ECU
Terkait kasus sebelumnya Yamaha Mio J Tidak Hidup, sekarang akan kita ilustrasikan cara jumper sistem pompa injeksi agar tidak ganti ECU. Pada rangkaian normal masa negatif pada sistem pompa injeksi harus lewat ECU/ECM, tapi karena ECM rusak (khusus yang berkaitan dengan masa pompa injeksi), sehingga masa tidak bisa tersambung lewat ECU. Solusinya ganti ECU baru atau tidak diganti tapi dijumper dengan kompromi.
Langsung saya lewat gambar agar lebih jelas.
skema pompa injeksi

skema kelistrikan pompa injeksi setelah dijumper

Adapun efek dijumper yaitu saat dikunci kontak ON, pompa akan hidup terus, makanya pastikan saat kunci kontak ON langsung hidupkan mesin atau langsung jalan, kalo tidak akan cepat kehabisan aki, itu saja komprominya menurut saya.

Ralat : setelah dicek seksama ternyata ECU tidak perlu dijamper, karena setelah dilepas jamperanya tetap hidup. Pelajaran harus teliti saat cek kerusakan komponen injeksi dan jangan tergesa gesa.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta