Jumper Kelistrikan Pompa Injeksi Agar Tidak Ganti ECU
Jumper
Kelistrikan Pompa Injeksi Agar Tidak Ganti ECU
Terkait
kasus sebelumnya Yamaha Mio J Tidak Hidup, sekarang
akan kita ilustrasikan cara jumper sistem pompa injeksi agar tidak
ganti ECU. Pada rangkaian normal masa negatif pada sistem pompa
injeksi harus lewat ECU/ECM, tapi karena ECM rusak (khusus yang
berkaitan dengan masa pompa injeksi), sehingga masa tidak bisa
tersambung lewat ECU. Solusinya ganti ECU baru atau tidak diganti
tapi dijumper dengan kompromi.
Langsung
saya lewat gambar agar lebih jelas.
Adapun
efek dijumper yaitu saat dikunci kontak ON, pompa akan hidup terus,
makanya pastikan saat kunci kontak ON langsung hidupkan mesin atau
langsung jalan, kalo tidak akan cepat kehabisan aki, itu saja
komprominya menurut saya.
Ralat : setelah dicek seksama ternyata ECU tidak perlu dijamper, karena setelah dilepas jamperanya tetap hidup. Pelajaran harus teliti saat cek kerusakan komponen injeksi dan jangan tergesa gesa.
Ralat : setelah dicek seksama ternyata ECU tidak perlu dijamper, karena setelah dilepas jamperanya tetap hidup. Pelajaran harus teliti saat cek kerusakan komponen injeksi dan jangan tergesa gesa.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta