Cara Perbaiki Sistem Pompa Injeksi Tidak Bekerja
Cara
Perbaiki Sistem Pompa Injeksi Tidak Bekerja
Tanda
termudah untuk mengenali sistem pompa injeksi tidak bekerja pada
sepeda motor adalah saat kunci kontak di ONkan, tidak ada suara bunyi
pompa injeksi bekerja. Jika kondisi demikian maka motor injeksi tidak
akan bisa dihidupkan karena supplay bahan bakar tidak sampai ke ruang
bakar. Untuk itu diperlukan cara yang benar untuk pengecekan sistem
pompa injeksi agar tidak salah sasaran mengganti part komponen sistem
pompa injeksi, selain itu juga agar tidak menimbulkan kerusakan yang
lain karena cara yang salah.
Tahap
pertama
Termudah,
dicek arus yang ke pompa injeksi normal atau tidak (Lewat
copcopanya). Caranya mudah tinggal gunakan testlamp di cop-copan yang
ke pompa injeksi. Jika nyala berarti kelistrikan menuju pompa injeksi
normal. Jika tidak nyala, berarti harus merunut kelistrikan sistem
pompa injeksi. Pada kasus “Yamaha Mio J Tidak Hidup”
cop-copan menuju ke pompa injeksi putus masanya di ECU sehingga harus
dijumper agar tidak beli ECU.
Tahap
Ke-dua
Cek
pompa injeksi secara terpisah. Untuk motor yamaha ada IC pompanya,
cukup aliri arus positif dan negatif dengan aki, pastikan jangan
terbalik saat mengecek antar positif dan negatifnya agar IC tidak
rusak. Jika pompa injeksi tidak bunyi atau bekerja, berarti bisa
ICnya mati atau pompanya mati. Tapi berdasarkan pengalaman hanya
ICnya mati, adapun pompanya terkadang masih bagus. Tapi tidak ada
yang jual IC terpisah kecuali barang KW. Solusinya ya ganti pompa
full Assy orisinil, pompa full assy imitasi, atau beli ICnya saja KW.
Tinggal konsumenya dan urusan awet tidaknya sesuai harga.
Tanda Positif dan negatif jangan kebalik, perhatikan kotak kuning transparan dengan seksama, akan nampak tanda positif negatifnya.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta