Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Cara Perbaiki Sistem Pompa Injeksi Tidak Bekerja

Cara Perbaiki Sistem Pompa Injeksi Tidak Bekerja
Tanda termudah untuk mengenali sistem pompa injeksi tidak bekerja pada sepeda motor adalah saat kunci kontak di ONkan, tidak ada suara bunyi pompa injeksi bekerja. Jika kondisi demikian maka motor injeksi tidak akan bisa dihidupkan karena supplay bahan bakar tidak sampai ke ruang bakar. Untuk itu diperlukan cara yang benar untuk pengecekan sistem pompa injeksi agar tidak salah sasaran mengganti part komponen sistem pompa injeksi, selain itu juga agar tidak menimbulkan kerusakan yang lain karena cara yang salah.
Tahap pertama
Termudah, dicek arus yang ke pompa injeksi normal atau tidak (Lewat copcopanya). Caranya mudah tinggal gunakan testlamp di cop-copan yang ke pompa injeksi. Jika nyala berarti kelistrikan menuju pompa injeksi normal. Jika tidak nyala, berarti harus merunut kelistrikan sistem pompa injeksi. Pada kasus “Yamaha Mio J Tidak Hidup” cop-copan menuju ke pompa injeksi putus masanya di ECU sehingga harus dijumper agar tidak beli ECU.
cek pompa injeksi
Tahap Ke-dua
Cek pompa injeksi secara terpisah. Untuk motor yamaha ada IC pompanya, cukup aliri arus positif dan negatif dengan aki, pastikan jangan terbalik saat mengecek antar positif dan negatifnya agar IC tidak rusak. Jika pompa injeksi tidak bunyi atau bekerja, berarti bisa ICnya mati atau pompanya mati. Tapi berdasarkan pengalaman hanya ICnya mati, adapun pompanya terkadang masih bagus. Tapi tidak ada yang jual IC terpisah kecuali barang KW. Solusinya ya ganti pompa full Assy orisinil, pompa full assy imitasi, atau beli ICnya saja KW. Tinggal konsumenya dan urusan awet tidaknya sesuai harga.
cek IC pompa injeksi
Tanda Positif dan negatif jangan kebalik, perhatikan kotak kuning transparan dengan seksama, akan nampak tanda positif negatifnya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta