Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Versa Tidak Mau Hidup

Honda Versa Tidak Mau Hidup
honda versa macet
Sumber gambar astra-honda.com
Problem
Honda Versa (honda Injeksi) datang dengan naik mobil pickup, keluhan motor mati. Pengecekan awal tidak bisa hidup mesinya, tapi lampu utama,reting,rem, klakson,dan starter hidup. Gejala kerusakan yang mencurigakan fuel pum atau pompa injeksinya mati (indikasinya tidak hidup/bersuara ketika kunci kontak di on kan).
Solusi
Mekanik motor melepas jok dan tangki BBM, kemudian melepas fuel pump atau pompa injeksi dari tangki BBM. Setelah itu dites tersendiri fuel pump pakai aki, ternyata motor masih hidup. Lanjut pemeriksaan soket fuel pump atau pompa injeksi yang bagian dalam, ternyata soket arus positif (+) [ kabel warna merah dari motor fuel pump] tidak ada konektivitas dengan soket fuel pump bagian luar yang tersambung dengan soket kabel body] .
Solusi agar fuel pump tetap bisa digunakan tanpa harus mengganti fuel pump atau pompa injeksi, maka badan fuel pump bagian tengah terpaksa dibor untuk memasukan kabel [arus +] dari kabel body ke pompa injeksi agar tidak terjadi kebocoran. Setelah kabel tertata rapi, maka saya tambahkan lem dexton. Kemudian diujicoba mengukur tekanan fuel pump. Alhamdulillah sesuai standart. Motor Honda Versa kembali bisa hidup dengan normal.
Referensi :
Bengkel Motor Injeksi Grabak Magelang Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus mekanik motor terapan di Jogja/Yogyakarta