Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Supra 125 Injeksi Tidak Kuat di Elektrik Starter

Supra 125 Injeksi Tidak Kuat di Elektrik Starter

Problem
Mekanik Wahyu Motor sedang melakukan servis supra 125 injeksi, setelah selesai kemudian bersihkan throtle body dan injector dan tinggal setting parameter mesin dengan diagnostic tool. Mesin mekanik hidupkan dengan electric starter dan lancar tidak ada gejala keanehan.
Mekanik mematikan mesin dan hidupkan lagi dengan elektrik starter. Ketika tombol eletrik starter ditekan, speedometer nge-reset sendiri seperti ada yang short connection/konsleting, jelas kondisi tersebut berpengaruh terhadap kinerja elektrik starter. Berulang-ulang mekanik lakukan seperti itu, sehingga curiga akinya drop. Tapi setelah di cek ternyata akinya bagus karena 12,6 volt. Tapi jika di kick starter atau engkol bisa hidup.
Solusi
Diagnosa awal mekanik, masalahnya di bostel/brush/sikat yang sudah habis sehingga arus tidak terdistribusi baik untuk menggerakkan motor starter dengan kuat. Kemudian mekanik membongkar dinamo dan benar bostel yang langsung dapat arus sudah habis sampai terlihat kabelnya. Jika aki masih bagus praktis yang diganti hanya bostel/brush/arang atau sikatnya saja.

Referensi :
Kasus bengkel motor karbu dan injeksi, Wahyu Motor Klaten Jawa Tengah Indonesia yang masuk redaksi Auto Champion yang sudah diedit untuk penyelarasan bahasa dan memudahkan teori dan praktek.

Terima kasih


Dadang Auto Champion