Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Servis Suzuki Nex dan Atasi MIL Nyala Terus Sistem Injeksinya

Servis Suzuki Nex dan Atasi MIL Nyala Terus Sistem Injeksinya
mil suzuki nex nyala terus

Problem
Kamis pagi sekitar jam 07.00 WIB, datang salah satu pelanggan dengan motor SUZUKI NEX (motor suzuki injeksi). “Service mas” katanya, motor injeksinya tanpa ada keluhan yang disampaikan, Kemudian jam 08.00 WIB mulai Mekanik kerjakan, diantaranya service ringan + pengecekan CVT setelah selesai lanjut pengecekan kerja komponen FI (Fuel Injection). Di sini mekanik motor temukan problem, yaitu setelah kunci kontak dihidupkan MIL menyala tanpa berkedip, begitu pula saat mesin dihidupkan tetap sama MIL menyala tanpa berkedip. Anehnya motor bisa hidup dengan normal tanpa kendala, meski demikian, prinsip sebagai mekanik harusnya saat ada gejala yang tidak normal segera lacak agar tidak ada problem selanjutnya. Atau melakukan langkah antisipasi sebelum ada kerusakan motor.
Solusi
Kemudian Mekanik pergunakan mode swit selector MIL berkedip cepat 4x, yang di kode kerusakan motor Suzuki ternyata belum mekanik termukan ada kode sperti itu di daftar kode MIL kerusakan motor Suzuki injeksi. Langkah selanjutnya, mekanik melepas box bagasi, sasaran no 1 ISC (Idle Speed Control), Mekanik sentuh dan kunci kontak dihidupkan lalu dimatikan sampai 5x, kesimpulan jika ISC motor injeksi yamaha bermasalah, kadang gerak kadang tidak. Selanjutnya pelepasan ISC dan pembersihan baik ISC maupun TB (Throttle Body). Setelah yakin sudah bersih pasang kembali dan ketika ISC disentuh lalu kunci kontak dihidupkan dan matikan sampai 5x hasilnya tetap sama [kadang bergerak dan kadang tidak] belum berhasil.
Usaha berikutnya………..
Sementara waktu mekanik tinggalkan pekerjaan ini untuk mengerjakan unit entri yang lain.Tibalah waktunya untuk melanjutkan PR siang tadi. Jam menunjukkan pukul 20.00 WIB. Mekanik lakukan tes dengan multi tester dari ke-4 kabel dari ISC ke ECM salah satunya yang tidak nyambung [warna hijau bergaris tipis kuning] atau kabel body menurut asumsi mekanik. Selain dengan menggunakan multi tester, mekanik tersebut menerapkan tarik paksa kabel dan ketahuan yang bagian putus di kabel tersebut, berarti cocok. Setelah semuanya disambung dan dirapikan sampailah saatnya pengecekan komponen sistem injeksi (FI), alhasil, sudah tidak ada lagi kode kerusakan yang muncul. kemudian mekanik lakukan reset ECM. Masalah beres.
Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi dan motor karbu, Rahmad Motor, Grabak kab Magelang barat lapangan SMA N 1 Grabag Belakang Warung yang masuk ke redaksi Auto Champion


Terima kasih
Dadang Auto Champion