Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Pengisian Vario 125 FI (Fuel Injection) Over Charge

Pengisian Vario 125 FI (Fuel Injection) Over Charge
relay comp start

Problem
Vario 125 Fuel Injection masuk ke bengkel dengan keluhan tidak bisa di starter pake dobel starter dan semua sistem elektrikalnya mati semua pada saat kontak on, tapi pada saat mesin mau hidup (dengan kick starter) sistem elektrikalnya hidup semua.
Solusi
Pelanggan minta ganti accunya soalnya dari bengkel sebelumnya memvonis accunya yang rusak tapi mekanik ga mau gegabah untuk ganti accu (aki). Kemudian mekanik melakukan pengecekan dulu sistem pengisiannya dengan AVO METER, eh ternyata langsung ketemu penyakitnya, over charge penyebab accunya rusak. Tapi yang jadi masalah penyebab over chargenya pasti kiproknya dan kiproknya jadi satu ama ecunya, “berapa duit untuk belinya?” Tanya mekanik dalam hati.
Tapi pernah ada pengalaman yang namanya low charge penyebabnya dulu dikiranya juga kiproknya tapi ternyata relay comp startnya yang rusak. Kemudian mekanik berpikir bisa jadi penyeban over chage juga relay comp startnya. Dugaan mekanik tepat ternyata setalah mekanik coba ganti relay comp startnya dan diukur pakai AVO meter ternyata normal.

NB: adakah pengalaman mekanik lain terkait kasus ini, uniknya over charge dan low charge semua disebabkan relay comp. Jika ingin dibahas dan saling sharing silakan ke amanahilmiah@yahoo.co.id

Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi dan Bengkel motor karbu Wahyu Motor Sidoarjo Jawa Timur Indonesia yang masuk ke redaksi Auto Champion.

Terima kasih


Dadang Auto Champion